Buku

Buku: Sirkus Pohon, Percobaan Andrea Hirata

Buku “Sirkus Pohon” merupakan buku ke-10 Andrea Hirata yang resmi diluncurkan pada 15 Agustus 2017 lalu. Tema dalam novel Sirkus Pohon adalah perjuangan seseorang dalam menemukan kemampuan dirinya.

Hob adalah seorang bujang nyaris lapuk yang menganggap dirinya telah gagal dalam hidup. Sekolah tak sampai SMA akibat salah pergaulan di masa kanak-kanak, Hob pun hanya bisa bekerja serabutan dan menumpang hidup di rumah orang tuanya, dan menjadi benalu di keluarga adiknya, Azizah.

Sampai suatu hari Hob bertemu Dinda, gadis cantik penyuka delima, cinta pertama Hob yang memberi motivasi dalam hidupnya. Hob pun berjanji akan melamar Dinda setelah mendapatkan pekerjaan tetap. Janji itu ditepati Hob setelah berhasil mendapat pekerjaan di sirkus keluarga Tara,  yaitu sebagai badut.

Lantas, cinta Hob diuji atas Dinda. Gara-gara “Delima”, rencana hidup bahagia Hob harus kandas. Namun, Hob tak mau menyerah akan cintanya.

Tegar dan Tara pertama kali berjumpa di taman Kantor Pengadilan Agama, hari di mana masing-masing orang tua mereka bercerai. Perjumpaan itu menumbuhkan badai kerinduan di antara keduanya selama bertahun-tahun hingga remaja.

Berbagai cara Tegar dan Tara tempuh demi menemukan satu sama lain, akan tetapi takdir “sedikit” bermain-main.

Di saat pertunjukan sirkus keluarga Tara berada di titik puncak, sebuah musibah datang dan menjungkirbalikkan hidup seluruh keluarga dan kawan-kawan yang tergabung dalam pertunjukan.

Semuanya rindu ingin berlakon, semuanya berharap sirkus akan kembali bangkit. Namun, rasanya itu mustahil.

Untuk gaya bahasa yang dipakai dalam novel “Sirkus Pohon” sendiri menggunakan majas yang sering atau akrab di dengar oleh telinga. Jadi pembaca akan lebih mudah memahami.

Hanya saja isi dari satu bab nya sangat dikit jadi kurang bisa mendalami isi cerita.

Pengulas: Nur Azizah (redaksi)

Images: bukuprogresif.com

444 total views, 3 views today

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *