Bukan Janji Palsu! Ini Program Kerja Calon Ketua OSIS Periode 2020-2021

Turcham.com – Berlangsung secara virtual, pada Kamis (22/10) POSKHA SMA Khadijah melaksanakan Debat Calon Ketua OSIS Periode 2020-2021 lewat zoom meeting dan diikuti oleh seluruh siswa dan guru SMA Khadijah.

Sebelumnya, tepat pada Rabu (14/10) POSKHA memperkenalkan 3 kandidat calon Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS selepas acara Rebo Wekasan. 3 kandidat tersebut, di antaranya:

  • Kandidat nomor 1, Firdausi Akmaliyah (XI IPA 4) sebagai calon Ketua OSIS dan Nailah Rahmah (X IPA 2) sebagai calon Wakil Ketua OSIS.  
  • Kandidat nomor 2, Mutiah Fahriyyah (XI IPA 4) sebagai calon Ketua OSIS dan Kayla Aghniya (XI IPA 2) sebagai calon Wakil Ketua OSIS.
  • Kandidat nomor 3, Adellia Syarifah (XI IPA 4) sebagai calon Ketua OSIS dan M. Dzaky Rizal (X IPA 1)

Pada sesi penyampaian Visi Misi serta Program Kerja, kandidat nomor 1 mencanagkan akan direalisasikannya Forum Siswa dan Share Us.

Firdausi Akmaliyah (XI IPA 4) dan Nailah Rahmah (X IPA 2) sebagai calon Ketua dan Wakil Ketua OSIS Periode 2020-2021. (fotografi: Zhafira Hanina)

Menurut Firdausi Akmaliyah, selaku calon Ketua OSIS, Forum Siswa terbuka untuk seluruh siswa SMA Khadijah yang ingin memberikan saran atau aspirasi terhadap suatu kegiatan.

“Ketika ada kegiatan, tentu teman-teman ada yang pro dan kontra. Jadi, tujuan Forum Siswa, yaitu agar teman-teman semua bisa memberikan aspirasi. Dan kami dapat menilai pendapat yang bermanfaat dan pendapat itu bakal kita salurin dan berusaha untuk merealisasikan pendapat teman-teman semua,” katanya

Selain itu, Nailah Rahmah, calon Wakil Ketua OSIS kandidat nomor 1, menjelaskan bahwa Share Us dikhususkan untuk para anggota OSIS dengan harapan agar keaktifan dan kekompakan dalam bekerja dapat ditingkatkan.

“Program ini diperuntukan untuk anggota OSIS untuk meningkatkan rasa kekeluargaan yang akan menunjang rasa totalitas dan memperbaiki kinerja OSIS.”

Selanjutnya, ketika hak berbicara diberikan kepada kandidat nomor 2, mereka menjelaskan Program Kerja yang meliputi RPAS (Rumah Penampung Aspirasi Sekolah) yang akan diadakan selama 6 bulan sekali dan menghidupkan perpustakaan dan mading kelas untuk memperluas informasi setiap 3 bulan sekali.

Mutiah Fahriyyah (XI IPA 4) dan Kayla Aghniya (XI IPA 2) sebagai calon Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS Periode 2020-2021. (Fotografi: Zhafira Hanina)

“Program RPAS akan menjadi penghubung antara siswa dan guru. Program kali ini adalah sebuah wadah untuk meggalang aspirasi, seperti keluh kesah, kritik, tanggapan, saran siswa SMA Khadijah untuk menyampaikan pembelajaran online ataupun offline . Dengan cara ini kami dapat membuat evaluasi selama pembelajaran selama 6 bulan sekali,” kata Mutiah Fahriyyah, calon Ketua OSIS kandidat nomor 2.

Calon Wakil Ketua OSIS kandidat nomor 2, Kayla Aghniya, menjelaskan bahwa tujuan perpustakaan dan mading kelas adalah untuk memaksimalkan peran siswa dalam memperindah kelas masing-masing.

“Dalam Proker ini, para siswa bisa berkreasi sekreasi mungkin dalam membuat mading kelas mereka dan dapat membantu (menambah) koleksi-koleksi buku di kelas mereka,” ujarnya

Selain itu, program Perpustakaan dan Mading Kelas ini tidak hanya dilakukan secara offline (di sekolah), tapi akan dilaksanakan secara online melalui akun instagram tiap-tiap kelas, dengan maksud agar program ini bisa dapat dijalankan, walaupun di masa pandemik seperti ini.

Terakhir, kandidat nomor 3 memaparkan beberapa program kerja yang akan mereka laksanakan ketika terpilih menjadi Ketua dan Wakil Ketua OSIS periode 2020-2021.

Adellia Syarifah (XI IPA 4) dan M. Dzaky Rizal (X IPA 1) sebagai calon Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS Periode 2020-2021. (fotografer: Zhafira Hanina)

“Kotak Aspirasi merupakan tempat bagi teman-teman SMA Khadijah untuk mengeluarkan pendapat tentang aspirasi untuk kegiatan POSKHA dalam melakukan program kerja satu periode kedepan,” cetus Adellia Syarifah, selaku calon Ketua OSIS kandidat nomor 1.

Kotak Aspirasi ini nantinya akan dibagi menjadi 3 bagian yang akan dilakukan secara online, yaitu Google Form, Polling Line, dan Instagram.

“Yang kedua adalah 3C (Cleanest Class Competition) yang dilakukan ketika sudah masuk sekolah sebagai sarana untuk meningkatkan rasa cinta akan kebersihan kelas dan sekolah,” lanjutnya.

Tak hanya itu, kandidat nomor 3 juga mencanagkan akan diadakan seminar yang diharapkan dapat menambah pengetahun para siswa selama 2 bulan sekali.

Enterpreneur Ship Fest adalah kegiatan yang akan memberikan kesempatan kepada para siswa untuk meningkatkan skill dalam berwirausaha melalui media sosial online (instagram) dan offline (bazar), ” kata M. Dzaky Rizal, calon Wakil Ketua OSIS kandidat nomor 3.

Setelah pemaparan Visi Misi dan Program Kerja, ketiga kandidat ini meminta dukungan dari seluruh warga SMA Khadijah untuk dapat menjabat sebagai Ketua dan Wakil Ketua OSIS SMA Khadijah Priode 2020-2021.

Ketiga kandidat ini juga akan dipilih melalui pemilihan suara atau voting secara online pada besok hari, Jumat (23/10). (mut)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *