Alumnus

Chinthia Dhea: Berbakti Kepada Kedua Orang Tua Adalah Kunci Utama Kesuksesan

Turcham.com – Cinthia Dhea Azzahro, salah satu alumni 2021 SMA Khadijah Surabaya yang lolos SNMPTN 2021 di Universitas Airlangga Surabaya, jurusan Ekonomi Pembangunan. Hal yang membuat ia tertarik untuk masuk Ekonomi Pembangunan (EP) saat itu berawal dari ia termotivasi untuk bekerja di BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Untuk bisa lolos SNMPTN di salah satu PTN ternama Surabaya, ia harus belajar dengan giat, fokus mempertahankan nilai-nilai rapot, dan berbakti kepada kedua orang tua. Menurutnya, berbakti kepada kedua orang tua itu adalah kunci paling utama agar menjadi sukses. Dan juga berserah diri kepada Allah atas semua hal yang sudah diperjuangkan.

“Sebaik-baiknya usaha yang sudah lakukan kalau tidak diimbangin dengan doa dan sholat, hasilnya pasti kurang memuaskan.” ketik Chinthia melalui Instagram.

Chinthia juga bercerita, ia harus mengorbankan wishlist-nya untuk masuk ke UI (Universitas Indonesia). Dulu, Chinthia berkeinginan sekali masuk UI agar bisa merasakan dirinya sebagai anak rantau. Tetapi pada saat itu, ibunya sedang sakit berat dan ia sebagai anak, merasa harus menjaga orang tuanya.

Motivasi terbesar Chinthia adalah kedua orang tuanya, karena pada saat ia berada di kelas 12, ibunya sedang sakit berat dan ayahnya juga bekerja keras untuk mencari nafkah. Dan ia mengaku, saat itu merupakan masa terberat Chinthia. Dan dari situ, semangat Chinthia menggebu-gebu untuk membahagiakan kedua orang tuanya.

“Dulu tuh sempet mikir, aku belum bisa membahagiakan kedua orang tuanya dengan finansial. Tapi membahagiakan orag tua tidak dengan satu pintu saja, masih banyak pintu yang lain. Contohnya saja dalam proses mencari ilmu, dari situ akhirnya aku belajar dengan giat dan konsisten agar bisa membahagiakan mereka dengan prestasi yang aku capai.” cerita Chinthia.

Menurutnya, hal-hal kecil yang berdampak adalah harus selalu menanamkan dalam diri sendiri untuk merasa bersyukur dan yakin pada dirinya sendiri bahwa semua masalah sekecil apapun meskipun itu berat pasti bisa dihadapi dan patut disyukuri. Menurutnya, kita semua boleh untuk bersedih, namun ia mengingatkan kepada kita untuk jangan lupa bersyukur, karena rasa syukur yang dipanjatkan akan memberi rasa cukup dan keyakinan kepada diri sendiri bahwa masalah yang dihadapi sekarang pasti bisa dilewati dan bisa menjadi pelajaran hidup bagi kehidupan kita semua nantinya.

Saat redaksi bertanya, “Skill apa saja yang harus dikuasai sebelum masuk ke dunia perkuliahan?” jawaban perempuan kelahiran 14 Januari 2003 ini adalah harus bisa mencari informasi yang benar dan akurat, jauhi plagiarisme, update skill excel dan yang pasti saat kuliah kita dihadapi dengan tugas membuat makalah, essay, serta melakukan analisis.

Ia juga menambahkan, mental juga harus disiapkan karena pasti nanti kita akan terkena culture shock, karena perubahan dari masa SMA ke kuliah. Dan menurut Chinthia, hal itu berat sekali. Jadi kita harus bisa menyemangati diri sendiri dengan pertanyaan “Apa sih tujuan kuliahku ini?” dari pertanyaan itu kita semua pasti akan jauh lebih kuat dalam menghadapi masalah perkuliahan kedepannya.

Ditanya, “Tips belajarnya gimana?” Chinthia menjawab, kenali waktu belajar yang baik untuk dirimu sendiri. Dan bonus, tips untuk mengerjakan tugas dari Chinthia adalah kerjakan tugas yang paling dekat dengan deadline alias batas pengumpulan, jangan terburu-buru mengumpulkan tugas tanpa melihat dan membaca dengan baik dan benar. Karena menurutnya, yang dinilai guru adalah bobot dari jawaban kita. Dan yang paling terakhir, jangan lupa bekerja sama dengan teman kalian, bisa dalam hal sharing jawaban atau berdiskusi antara satu sama lain.

“Pesan buat adek-adek, tetap semangat dijaga kesehatannya, ga hanya kesehatan fisik tapi kesehatan mentalnya ya. Kalau kalian merasa capek, istirahat ya jangan mundur, semua pasti bakal berjalan dengan baik kalo diri kita juga baik. dinikmatin prosesnya ya sometimes kamu pasti bakal kangen masa SMA.”

“Buat yang kelas 12 harus giat belajarnya, harus udah mulai nyicil belajar SBM-nya biar bisa lolos PTN. Jangan buru-buru ya, pelan-pelan aja, dipikirin dampak yang akan terjadi dari keputusan yang kamu ambil itu apa. Semangat semua semoga sukses kedepannya dan bisa membahagiakan orang tua🤍” pesan Chinthia kepada siswa-siswi SMA Khadijah melalui via Instagram pada redaksi hari Jumat (15/10). (nin)

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *