Alumnus

Fitri Rahmawati: Rebut Mimpi Semenjak Dini

Bermipilah setinggi langit, jika kau jatuh setidaknya kau akan jatuh di antara bintang gemintang. Begitulah salah satu kalimat pembakar semangat dari Bung Karno. Spirit ini kurang lebih sama dengan yang dipunyai tokoh kita kali ini dalam menjemput impiannya.

Fitri Wahyu Rahmawati, atau biasa dipanggil Fitri, merupakan alumnus SMA Khadijah Surabaya tahun 2013. Dokter gigi merupakan impiannya semenjak kecil. Ia mempunyai sebuah harapan, kelak akan bisa membaktikan dirinya dalam dunia kesehatan.

Perempuan kelahiran Surabaya ini mengaku awalnya takut untuk terjun di dunia kedokteran karena memikirkan jika nanti akan berhadapan dengan benda hidup atau bernyawa lalu terjadi “Human Error” risikonya akan sangat besar. Namun dibalik itu, Fitri selalu mendapat dukungan dan dorongan dari keluarga yang membuatnya yakin untuk tetap lanjut dalam meraih cita-cita yang di inginkan sejak duduk di bangku sekolah itu.

Memantapkan pilihan bukanlah suatu hal yang mudah bagi Fitri, tapi untuk mencapai cita-cita yang ia inginkan, Fitri memutuskan ingin menjadi dokter gigi. Ia masuk ke Universitas Hang Tuah, untuk masuk ke Fakultas Kedokteran gigi tidaklah mudah. Banyak ketakutan dan keraguan yang ia hadapi.

Semasa di bangku perkuliahannya Fitri juga mengikuti organisasi yang ada di kampusnya yaitu, adalah UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) SAMANZA (Organisasi yang bergerak di pusat pengobatan kecanduan narkoba), dan JALAWIRA (Organisasi tentang kegiatan pecinta alam), serta ia juga menjadi anggota staff dari BEM (Badan eksekutif mahasiswa) Universitas Hang Tuah Surabaya.

Untuk menyelesaikan study di Universitas Hang Tuah Surabaya Fitri membutuhkan tenaga ekstra buat menyelesaikannya.

“Karena selain kuliah ada jenjang profesi juga harus di tempuh, dan itu tidak mudah. Karena di sana kita di tuntutan untuk terjun langsung menangani pasien yang memiliki risiko besar dalam setiap perawatannya. Jadi harus benar-benar berhati-hati untuk melakukannya”

Fitri Wahyu Rahmawati

Setelah lulus, alumnus SMAKH tahun 2013 ini memilih untuk magang di klinik terlebih dahulu, bahkan itu di lakukan pada waktu masih koas (profesi), untuk mendapatkan pengalaman kerja dalam melakukan perawatan sembari menempuh studi dan lulus jadi dokter gigi.

Pesan Fitri untuk adik sealmamaternya di SMA Khadijah, khususnya yang bercita-cita menjadi dokter, yakni bangunlah impian itu dan terus menyiapkan bekal sedini mungkin.

“Yang mau kuliah atau menempuh di pendidikan kedokteran baik umum atau gigi harus mempersiapkan sedini mungkin ya…mulai dari belajar, skill, dan finansial.” pesan Fitri diakhir sesi wawancara.(feb)

Editor: Krisnaiya Ramadhan dan Nailal Fariha

90 total views, 1 views today

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *