Harap Senang, Ada Ujian

Source : Google

Halo siswa siswi kelas X dan XI SMA Khadijah Surabaya. Bagaimana kabar kalian semua? Semoga selalu dalam keadaan yang sehat ya, aamiin. Tidak terasa PAT sudah ada di depan mata. Apakah kalian sudah siap bertempur? atau masih sibuk rebahan dengan alasan mengumpulkan semangat? hehehe.

Pasti kalian mengetahui bahwa waktu tidak akan pernah terulang, terkadang ia terasa berjalan lebih cepat dari yang kita bayangkan. Tidak perlu mencari contoh yang jauh, lihat sekarang tidak terasa PAT sudah dekat. Lambang kelas akan segera berganti bertambah satu tingkat, padahal baru kemarin yang kelas X mengikuti MPLS dan yang kelas XI sedang menikmati rasanya menjadi anak SMA yang sesungguhnya. Adanya pandemi juga membuat waktu terasa lebih cepat dari waktu pada hari – hari biasanya.

Rek apakah kalian masih mau bersantai dan mengabaikan semua itu?. Masih mau melanjutkan rebahan dan melakukan kegiatan lain yang sebenarnya saat ini tidak terlalu penting?. Menunda belajar karena merasa waktu masih panjang?. Jika iya, maka aku menghargai pendapatmu. Akan tetapi untuk yang menjawab tidak, yuk pelan-pelan kita mulai dari sekarang.

“Tetapi rasanya berat sekali untuk memulai belajar. Belajar sangat melelahkan terlebih karena pandemi ini tidak bisa bertemu dengan bapak ibu guru serta teman-teman. Tidak ada semangat untuk memulainya”.

Rasanya memang berat, tetapi tidak ada perjuangan yang mudah. Ayo kita mulai ingat kembali apa yang kita harapkan/inginkan sejak dulu. Ada yang mau jadi akuntan? arsitek? guru? pengacara? dokter? atau ingin jadi wirausahawan yang hebat?. Apa PTN / PTS impian kalian? atau jangan-jangan ada yang ingin masuk ke sekolah kedinasan?. Jurusan apa yang ingin kalian pilih?. Wah rasanya senang sekali membayangkan diri kita bisa diterima PTN/PTS bahkan sekolah kedinasan impian kita. Tidak hanya kita yang bangga, orang tua dan keluarga pasti sangat bahagia dan bangga mendengarnya.

Sudah tahu tujuannya? mari kita siapkan bekal untuk menuju kesana. Bagi yang belum tahu, tidak masalah. Lebih kenali dirimu lebih dalam sambil tetap mempersiapkan bekal untuk berjuang.

“Kita masih kelas X dan XI, bukankah masih lama untuk memikirkan hal tersebut?”

Eitss jangan salah. Bekal yang baik adalah bekal yang sudah dipersiapkan sejak jauh-jauh hari. Bahkan ketika kita mulai lebih cepat, perjuangan tersebut akan terasa lebih menyenangkan dan tidak memberatkan. Dibandingkan ketika mempersiapkan mendekati hari tempur.

“Apa saja bekal-bekal tersebut?”.

Bekal-bekal tersebut adalah usaha kita saat ini. Usaha kita dalam memahami ilmu. Salah satu hal yang paling mendekati adalah PAT ini. Pada PAT ini kita akan diuji kembali pemahaman ilmu yang telah kita dapatkan satu tahun kita bersekolah. Ilmu-ilmu tersebut merupakan bekal kita untuk kedepannya. Bukan hanya untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya tetapi ilmu tersebut akan terus berguna di kehidupan kita.

Jadi ayo kita sambut PAT ini dengan suka cita. Belajar dengan giat dengan tujuan untuk mencari ridha Allah dan juga memahami ilmu-ilmu tersebut. Usaha tidak akan mengkhianati hasil. Teruslah berikhtiar dan juga bertawakal.

Selamat menempuh PAT para pejuang harapan. Semoga Allah selalu merahmati kita semua. Aamiin.

Note: Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan kalian yaa. Tenang setelah PAT akan ada libur, saat itu kalian bisa rebahan, menonton drakor, serial kesukaan ataupun main tanpa merasa ada beban.

*Renata Jasmine | alumnus SMA Khadijah Penerima SNMPTN 2021 di FKG Unair

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *