Opini

Hargai suatu Usaha Kita untuk Memajukan Bangsa Bersama

Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia, Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia, Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia (Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928).

28 Oktober 1928 setelah kongres 2 ketua kongres, Soegondo Djojopoespito, membacakan naskah tersebut untuk meminta persetujuan dari para peserta. Sewaktu dibacakan, keputusan kongres disebut sebagai ikrar pemuda, yang kemudian dikenal sebagai Sumpah Pemuda.

Bangsa Indonesia akan memperingati Hari Sumpah Pemuda setiap tahunnya pada tanggal 28 Oktober, dan tahun ini di tahun 2022, Sumpah Pemuda sudah 94 tahun lamanya. Ada berbagai cara dilakukan untuk memeriahkan Sumpah Pemuda termasuk lewat krtik-kritik sosial di media sosial atau lomba-lomba di sekolah bahkan dengan acara-acara seremonial.

Munglin itu sudah biasa dilakukan oleh kaum pelajar, palingan juga mereka mengincar hadiah lomba dan pialanya…… kalau tidak begitu palingan cari makanan gratisan, dan itulah negeri tercintaku “Indonesia”.

Hampir kebanyakan kaum pelajar mungkin hanya mencari kesenanggan di lomba-lomba sekolah, jika dikatakan mengapa kamu merayakan Sumpah Pemuda? Bisa jadi dia bilang hanya untuk menghormati jasa-jasa para pemuda atau pahlawan saat masa penjajahan.

Padahal jika kita mengomongkan kaum pelajar seharusnya kita menjawab, sebagai generasi muda, saat ini kita harus memperjuangkan nasib untuk meraih cita-cita kita. Dengan melihat sejarah kita sebelumnya dan kenyataan hidup yang sekarang, mari kita lawan dan bangkit dari rasa malas yang sering menghampiri kita sehari-hari dan berliterasi yang baik.

Milikilah sikap keberanian dalam mengambil setiap keputusan dan mengambil tanggung jawab dengan tegas, dan mari kita tingkatkan rasa tangguh dan semangat demi meraih masa depan kita yang lebih gemilang.

Dan seperti tema tahun ini, “Bersatu bangun bangsa”. Jadi untuk para pelajar di seluruh Indonesia mari kita bersatu untuk membangun bangsa yang lebih baik di era milenial ini, dengan menghargai suatu perjuangan kita di dalam bidang Pendidikan, mencerna informasi jangan mentah-mentah dan jangan menyerah seperti para pahlawan kita.

 Penulis: CIZ

Pict:
1. https://www.kalderanews.com/2021/10/inilah-3-rumusan-isi-sumpah-pemuda-dalam-bahasa-asli-eyd-dan-bahasa-inggris/
2. https://www.solopos.com/kumpulan-ucapan-hari-sumpah-pemuda-2022-yang-penuh-semangat-1454888

115 total views, 1 views today

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *