Game

Hay day: Game top grosing 10 teratas kasual di Play store saat ini

Hay day merupakan salah satu game simulasi pertanian yang banyak diminati di kalangan remaja. Karena dalam permainan ini hewan tidak akan mati kelaparan, tumbuhan tidak akan layu jika tidak disiram, dll. Pemain dalam game ini bisa saling berinteraksi melalui akun yang telah di hubungkan dengan sosial media yang telah direkomendasikan.

Game yang diterbitkan oleh Supercell ini telah rilis di ios pada tanggal 21 Juni 2012 dan android tanggal 20 November 2013. Pada tahun 2013 tepatnya bulan Juli, Hay day menempati #1 sebagai game laris di Play store dalam kurun waktu lebih dari 7 bulan, dan sekarang game ini menempati #10 Top grossing in casual.

Awal mula permainan ini yaitu pemain mendapatkan kepercayaan untuk menjaga pertanian pamannya, karena paman sudah tidak sanggup untuk merawat pertaniannya. Permainan Hay day ini cukup mudah dimainkan, dimulai dari menanam gandum di sawah hingga banyak hal baru lainnya di setiap level. Pemain bisa memanfaatkan ladang untuk menanam atau membeli bahan yang tidak dapat di produksi melalui roadshop yang berbentuk kotak pos.

Gameplay (8/10)
Hay day telah memberikan fitur yang cukup lengkap sebagai game simulasi pertanian.  Bangunan pada perkebunan utama, bangunan penyimpanan, hasil panen, hewan ternak/binatang peliharaan dan bangunan produksi semua disajikan sepraktis mungkin agar mudah untuk dimainkan. Dengan disajikannya ladang yang luas, kalian bisa custom sendiri pertanian seperti apa yang kalian inginkan. Akan tetapi untuk kalian yang menginginkan sensasi kesulitan merawat tumbuhan dan hewan tidak cocok memainkan ini. Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya semua makhluk hidup di game ini tidak dapat mati ataupun layu. Serta dibutuhkannya jaringan yang stabil untuk kenyamanan bermain.

Visual  (8/10)
Tampilan visual yang telah di sajikan sangat menarik dengan sajian warna yang kontras seperti di buku dengan anak anak, dapat membuat pemain tidak mudah bosan. Akan tetapi beberapa fitur yang disajikan masih kurang detail, karena biasanya terdapat fitur untuk merawat lahan. Contohnya membersihkan kandang, menyemprotkan pestisida pada tanaman serta memperbaiki pagar yang rusak.

Nilai Musik (9/10)
Musik yang Dipakai pada game Hay day ini sangat mencerminkan game tentang pertanian. Dengan vibes ceria serta iringan suara suara hewan ternak cocok dipakai untuk menemani kita bermain game ini. Dengan mendengarkan musik dapat membantu untuk menaikkan mood saat bermain, sehingga pemain merasa nyaman.

Nilai Addictive (7/10)
Dengan paduan visual serta musik yang membuat nyaman pemain, dapat memberikan kesan yang baik saat bermain game. Sehingga secara tidak sadar kita telah bermain dalam waktu yang cukup lama. Fitur waktu untuk memanen dapat membuat pemain bosan menunggu, sehingga memilih untuk meninggalkan game itu hingga waktu yang di berikan selesai. Akan tetapi dengan cara itu pemain dibuat penasaran sehingga akan terus membuka tutup aplikasi tersebut.

Nilai Overall (7,8/10)
Secara keseluruhan game ini cukup menarik untuk dimainkan. Game ini telah disajikan dalam 21 bahasa sehingga sangat mudah untuk dikenal di beberapa negara. Apalagi dengan fitur yang cukup lengkap dan sangat mudah dipahami bagi pemula, game ini dapat lebih dikenal di kalangan anak hingga remaja.

Kelebihan:
Hay day merupakan game yang sangat bagus terutama untuk seseorang yang ingin tau cara mengelola pertanian, peternakan, dan keuangan. Karena disana kita juga bisa belajar cara mengelola uang agar bisa membeli kebutuhan lain yang tidak dapat diproduksi. Dengan pemilihan warna yang cocok serta grafik yang bagus, game ini sangat cocok dimainkan bersama teman dan keluarga.

Kekurangan:
Menurut saya dengan adanya perawatan hewan maupun tumbuhan, detailnya sangat diperhatikan. Dengan detail yang lebih lengkap game ini dapat membantu pemain belajar lebih banyak mengenai pertanian dan peternakan. Contohnya seperti memberi obat kepada hewan jika sakit, menyemprotkan pestisida pada tumbuhan yang berhama, membersihkan kandang atau tempat untuk menanam, dll.

AulyaEditor: Krisnaiya Ramadhan

78 total views, 1 views today

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *