Kisah Band Rock and Roll Tertua di Indonesia

source : google

Band merupakan kumpulan yang terdiri atas dua atau lebih musisi yang memainkan alat musik ataupun bernyanyi. Banyak sekali band di Indonesia mulai dari yang bergenre pop, rock,  bahkan dangdut. Adanya band di Indonesia dimulai dari tahun 1945. Grup band tertua di Indonesia adalah The Timor Rhythm Brothers . 

The Timor Rhythm Brothers merupakan anak-anak dari  Herman Tielman dan Flora Lorine yang terdiri dari Andy Tielman (vokal, gitar), Reggy Tielman (gitar, banjo, vokal), Ponthon Tielman (contrabass, gitar dan vokal), Loulou Tielman (drum), vokal Jane Tielman (vokal), Fauzi Tielman (organ). Kemampuan musik mereka diturunkan dari sang ayah yang sering bermain musik bersama teman-temannya. Penampilan pertama mereka pada acara pesta di rumahnya membuat teman-teman ayahnya kagum. Sejak saat itu mereka mengisi acara-acara prtibadi di Surabaya, berbagai undangan untuk tampil mulai berdatangan dari berbagai daerah. Merekapun sempat ke Jakarta untuk unjuk kemampuan di istana negara, di hadapan presiden Soekarno pada bulan Desember tahun 1949. Dan pada tahun 1957 mereka sekeluarga memutuskan untuk melanjutkan karya di Belanda.

Sesampainya di negeri belanda karir mereka berkembang dan mengganti nama dari The Timor Rhythm Brothers menjadi The Tielman Brothers. Seperti kecenderungan banyak band keluarga di tahun 1950, di belakang nama mereka diberi kata “Brother” atau “Bros”. Mereka tidak tampil dari panggung ke panggung saja namun juga di televisi. Band ini juga dikenal di Eropa secara umum,dan saat itu musik rock and roll belum lahir.

The Tielman Brothers hanya bermain  musik country namun dengan tempo yang cepat dan keras. Beberapa tahun kemudian dunia menganggap jika ciri musik seperti itu adalah musik rock and roll. Ciri khas The Tielman Brothers dalam membawakan musik antara lain: Loulou si penabuh drum misalkan, dalam aksi panggungnya terkadang dia berjalan mengitari drum sembari memukulnya, Andy bahkan memodifikasi senar gitarnya menjadi sepuluh dan memainkannya dengan tidur-tiduran atau bermain dengan membalikan gitar kebelakang leher atau bermain dengan gigi. Saat itu aksi dan seni musik The Tielman Brothers disebut Indo-Rock.

The Tielman Btothers juga merupakan pelopor Rock and Roll pertama di Belanda. Rock Little Baby of Mine merupakan single Rock and Roll  pertama di Belanda. Pada puncak karir mereka, pada 1950-an dan awal 1960-an, band ini dipuji sebagai salah satu pertunjukan live terbesar di Eropa.

Usia yang telah menua, ditambah kualitas dan jenis musik yang itu-itu saja membuat The Tielman Brothers dikabarkan bubar pada tahun 1976. Para personilnya pun telah berguguran satu persatu. Jane sebagai anggota paling bungsu paling awal meninggal, yakni pada 25 Juni 1993, Loulou Tielman meninggal di Cairus Australia pada 4 Agustus 1994. Sementara Pemain bas Ponthon Tielman meninggal di Jember pada 29 April 2000, Andy Tielman meninggal pada 10 November 2011, Reggy Tielman berpulang pada 12 Maret 2014. 

Meski telah lama hilang, nama The Tielman Brothers tetap abadi. Lewat mereka negeri ini semakin dikenal di mata internasional. Selamat jalan Tielman bersaudara. (Nabilah Ari Adzani)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *