Game

Minecraft: Mengapa Selalu Dipandang Sebelah Mata?

Bagi orang yang tidak terjun pada dunia game, nama ‘Minecraft’ pasti terdengar asing di telinga mereka. Padahal, siapa yang mengira, permainan yang tak jarang dipandang sebelah mata ini menduduki peringkat pertama Game Komputer dengan Pemain Bulanan Aktif Terbanyak (Agustus 2022), melewati The Sims 4, Fortnite, CS:GO, serta League of Legends, dilansir dari Newzoo.com.

Sebenarnya, sedikit spoiler untuk siapapun yang belum pernah menyentuh game ini, Minecraft bukanlah sebuah game konsol biasa, melainkan sebuah wadah. Wadah bagaimana sih yang dimaksud?


Game yang diterbitkan oleh Mojang Studios ini menyediakan ‘dunia’ luas yang dapat dikreasikan sekreatif mungkin oleh pemain. Oleh karena itu, Minecraft dikategorikan pada jenis game Sandbox, dimana game tersebut tidak memiliki objektif yang spesifik, melainkan membiarkan para pemain menikmati waktunya untuk bermain-main di dalam dunia ini, ataupun menyelesaikan misinya apabila ada.


Sebagai gambaran umum, mula-mula pemain akan memulai sebuah dunia. Ketika login, karakter dari pemain akan diletakkan pada sebuah ruang yang terdiri dari angkasa, daratan, serta perairan dan diberikan kebebasan untuk mengaturnya sedemikian rupa, mulai dari modifikasi karakter, pengaturan grafik, mode permainan, tujuan permainan, serta lain sebagainya.


Tiga versi dari Minecraft, yaitu Bedrock Edition, Java Edition, serta Pocket Edition, memiliki ciri khasnya masing-masing, tetapi tetap memiliki satu kesamaan: Building Blocks. Sejak awal dirilis pada 18 November 2011, selama lebih dari satu abad, Mojang selalu memberikan update untuk meningkatkan kepuasan para pemain yang akan selalu memiliki permintaan seiring dengan berjalannya waktu dan perubahan zaman

Gameplay
Minecraft menyediakan berbagai cara untuk bermain pada permainan ini. Para pemain dapat memilih antara 3 mode permainan dengan mekanisme yang berbeda-beda, yaitu:

  • Survival; pemain harus bertahan hidup pada suatu dunia tanpa berbekal apapun, yang membuat pemain harus memulai dari awal—mengumpulkan bahan baku dan bahan tambang, berburu makanan, serta hal-hal lain yang diperlukan. Tak hanya itu, pada malam hari, pemain harus bertahan dari serangan monster-monster yang berkeliaran.
    Pada mode ini, pemain memiliki jumlah nyawa yang tak terbatas atau dapat respawn berkali-kali tanpa batasan. Pemain juga dapat memilih tujuannya bertahan hidup di dunia itu, antara ingin lanjut bermain dan mengumpulkan bahan-bahan kehidupan sebanyak mungkin, ataupun untuk menamatkan game dengan menghabisi bos akhirnya.
  • Creative; pemain dapat bebas memodifikasi dunianya, dengan disediakannya blok yang tak terbatas, dapat hidup tanpa aturan—pemain bisa bergerak seleluasa mungkin dan tidak dapat mati akibat alasan apapun.
  • Hardcore; mode ini sebenarnya sama persis dengan mode survival, kecuali bagian dimana pemain memiliki nyawa yang tak terbatas. Pada mode ini, pemain harus bertahan hidup dengan 1 kesempatan nyawa saja, yang berarti bahwa apabila pemain mati, dunia ini akan berhenti dan tidak dapat dilanjutkan.

Selain itu, Minecraft juga membagi dunia menjadi 2 macam berdasarkan jumlah pemainnya; singleplayer untuk dunia dengan 1 pemain saja, serta server untuk dunia yang dimainkan oleh 2 orang atau lebih. Ada ratusan server besar yang dibuat para pemain untuk bermain mini- game bersama dengan pemain-pemain lainnya, sehingga dapat menciptakan komunitas antar pemain. Beberapa mini-game yang terbentuk adalah Parkour, PvP, Party Games, Survival Games, dan ratusan lainnya.

Pemain juga dapat menambahkan modifikasi-modifikasi eksternal dengan konten unduhan seperti texture pack. Dari sini, dapat disimpulkan bahwa Mojang benar-benar berfokus pada keleluasaan pemain untuk menikmati dan mengelola dunianya masing-masing dengan membuka berbagai opsi
dalam bermain game ini. Inilah salah satu hal spesial yang membedakan Minecraft dengan permainan lainnya, bagaimana kepuasan pemain adalah fokus utamanya, namun tetap mempertahankan esensi dari game ini.

Grafis
Hal lain yang menarik perhatian pemain adalah grafis yang disediakan Minecraft. Sebenarnya, grafis bawaan dari game ini termasuk biasa saja, seperti langit yang biru polos, tidak ada bayangan, perairan tanpa pergerakan, dan lainnya. Namun, setelah ditambahkan modifikasi seperti texture pack, kualitas videonya terlihat menjadi lebih menawan, bahkan
hingga terlihat realistis. Salah satunya adalah shaders, yang biasanya digunakan oleh para konten kreator pada pembuatan video atau film di dalam game ini.

Musik
Merupakan game yang tergolong santai, Mojang menghadirkan berbagai Original Soundtrack atau OST khusus Minecraft yang rata-rata memang memiliki nuansa menenangkan. Tentu saja, untuk menemani pemain ketika bertambang pada gua-gua bawah tanah, ataupun mengarungi lautan menggunakan perahu kayunya. Tak sedikit juga pemain lama Minecraft
mengaku bahwa OST-OST tersebut mengembalikan rasa nostalgia mereka ketika bermain bersama teman-temannya dahulu.


Di dalam game, tersedia juga cakram musik yang berisi soundtrack-soundtrack Minecraft dan dapat dimainkan menggunakan jukebox.
(Lampiran) Minecraft – Volume Alpha – Album by C418 | Spotify

Overall
Minecraft termasuk game yang sangat bagus untuk menumbuhkan kreativitas pemain. Ratusan juta orang bermain game ini dan tak sedikit yang menjadikan Minecraft sebagai lahan berkarya, bahkan hidup dari itu. Karena kembali lagi, Minecraft hanya sebuah wadah, dan para pemainlah yang menentukan bahwa permainan yang dimainkan berhasil atau tidak.
Minecraft bukanlah hanya sebuah “mainan anak-anak” yang selalu dipandang remeh karena tidak mengikuti tren permainan terkini—shooting games—dan karena tak memiliki objektif yang terarah.

Kelebihan dan Kekurangan
Salah satu keunggulan yang telah disebutkan pada segmen-segmen sebelumnya adalah kemampuan pemain untuk mengakses seluruh pilihan yang disediakan untuk mendukung karya yang akan dibuat di dalam game ini. Namun, kekurangan yang lumayan terasa oleh pemain adalah bagaimana permainan ini begitu mengonsumsi banyak waktu, salah satunya akibat dari kebanyakan kegiatan yang dilakukan di dalam game ini yang memerlukan waktu yang panjang.

Pengulas: Azzahratul BalqisEditor: Krisnaiya Ramadhan

Pict: https://www.minecraft.net/sv-se/article/new-maps-available-minecraft-rtx-windows-10-beta
http://pcgamer.com/best-minecraft-shaders/

108 total views, 1 views today

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *