Opini

Nasionalisme Generasi Muda di Era Digital

Oleh: Haidar Ali Muhammad Pasha

Bulan Agustus merupakan bulan istimewa bagi bangsa Indonesia. Mengingat di bulan ini ada satu momen indah dan bersejarah, yaitu peristiwa proklamasi yang menandai kemerdekaan bangsa Indonesia dari penjajahan bangsa Indonesia.

Kemerdekaan merupakan anugrah besar bangsa Indonesia dalam menentukan masa depannya. Karena itu wajib bagi masyarakatnya untuk mensyukuri dan mengisi kemerdekaan itu.

Generasi muda memang tidak mengalami langsung peristiwa penjajahan, namun melalui sejarah, generasi muda dapat mempelajari peristiwa itu dengan cara membaca buku digital atau dari sumber internet lainnya sehingga dapat memahami arti dari kemerdekaan itu dengan baik, yang diperoleh dari perjuangan dan pengorbanan jiwa dan raga yang dilakukan para pahlawan pada peristiwa tersebut.

Tetapi, tidak semua generasi muda memahaminya dengan baik, terlebih pengaruh global akibat perkembangan teknologi informasi digital, ketergantungan dengan handphone atau hp yang terdapat aplikasi canggih seperti media sosial hingga teknologi Ai sehingga generasi muda dapat dengan mudah melupakan kemerdekaan indonesia karena mereka terlalu asik dengan kemudahan teknologi  tersebut di era digital ini.

Kenyataan itu tidak bisa dipungkiri, karena di era digital sangat mungkin generasi muda menjadi lupa akan sejarah kemerdekaan. Sebenarnya dengan teknologi digital, generasi muda dapat dengan mudah mengetahui sejarah kemerdekaan karena konten-konten tentang sejarah Indonesia banyak tersedia di informasi digital.

*dengan catatan generasi muda harus dikonsumsi dengan baik agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Lalu bagaimana membangkitkan jiwa nasionalisme generasi muda di era digital ini?

Perlu dipahami bahwa nasionalisme itu adalah rasa cinta masyarakat terhadap bangsa dan negaranya. Generasi muda sebagai warga negara wajib rasanya memiliki jiwa nasionalisme terhadap negara republik Indonesia, meskipun wujud rasa cinta itu tidak seperti generasi sebelumnya seperti ikut berperang mengusir penjajah dari bumi Indonesia, tapi mengisinya dengan cara membuat konten  yang bermanfaat di media sosial dan konten tersebut berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara Indonesia.

Nah, cara membangkitkan jiwa nasionalisme generasi muda di era digital dapat dilakukan sebagai berikut:

  • 1. Literasi kemerdekaan digital. Artinya, melalui teknologi digital generasi muda diajak menumbuhkan kesadaran dan cinta tanah airnya. Caranya dengan mengonsumsi konten konten digital yang membahas sejarah perjuangan bangsa Indonesia dengan bimbingan seorang guru atau pakar sejarah.
  • 2. Terlibat dalam kegiatan-kegiatan perayaan kemerdekaan baik yang dilakukan di masyarakat atau di media media sosial.
  • 3. Membuat konten kreatif di media sosial yang menggambarkan peristiwa kemerdekaan versi generasi muda digital.

Melalui cara tersebut diharapkan rasa nasionalisme kita sebagai generasi muda di era digital terhadap bangsa dan negara kesatuan republik Indonesia tumbuh dengan baik. Marilah kita menjaga Indonesia dengan karya digital anak muda.

Editor: Saka Ayattusyifa

source pict

330 total views, 3 views today

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *