Ramadhan Fest, Event Virtual Untuk Menyambut Nuzulul Qur’an

Turcham.com – Nuzulul Qur’an adalah isitilah yang merujuk kepada peristiwa penting turunnya Al-Qur’an secara keseluruhan untuk menyempurnakan ajaran Islam sebagai petunjuk umat manusia. Dalam rangka untuk menyambut nuzulul qur’an (29/04), pada hari Rabu (28/04) SMA Khadijah Surabaya menyelenggarakan event virtual, yaitu Ramadhan Fest – Gema Nuzulul Qur’an bersama Pocari Sweat.

Event virtual ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilafadzkan oleh Amiruddin, SE. Dan dilanjut pertunjukan oleh tim banjari SMA Khadijah.

“Acara ini mengingatkan kita pada nuzulul qur’an, bahwa Al-Qur’an itu adalah pedoman kita yang tidak hanya dibaca tetapi harus dipahami, dijalankan dan diamalkan.” kata M.Ghofar S.Ag. M.Pd.I selaku kepala sekolah SMA Khadijah saat memberikan sambutan.

Acara selanjutnya yakni, tausiyah yang disampaikan oleh Gus Candra Malik sebagai bintang tamu yang dimoderatori oleh ustad Zulfa. Gus Candra Malik adalah pengasuh Pondok Pesantren Asy-Syahadah di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Namanya juga dikenal sebagai sastrawan, wartawan, penyanyi lagu religi, pemeran film, penulis di berbagai media massa, dan pencipta lagu religi. 

(Ustad Zulfa sebagai moderator di sebelah kiri dan Gus Candra Malik di sebelah kanan)

Gus Candra Malik mengajak kita agar meluangkan waktu untuk membaca Al-Qur’an dan berpesan juga untuk mengamalkannya, “Ayo, kita sediakan ruang dan waktu untuk terus menerus membaca Al-Qur’an, mempelajari Al-Qur’an, menjaga Al-Qur’an,”

“Insya Allah, Allah juga akan menjaga kita, memurnikan ketauhidan kita, melestarikan apa-apa yang kita istiqomahkan dan kelak dikemudian hari semoga menjadikan rahmatnya sampai kepada kita dan menerima amal kebaikan kita dan mengampuni kesalahan-kesalahan kita.” lanjutnya.

Di akhir tausiyahnya beliau berkata, “Di momentum nuzulul qur’an inilah yang kita jadikan penguatan pada diri kita untuk mensyukuri nikmat Allah yang disebut Al-Qur’anul Karim.”

Selanjutnya adalah berdoa yang dipimpin oleh ustad Rofiudin Al-Hafidz. Acara pun diakhiri dengan bukber bersama Pocari Sweat lalu santunan untuk anak yatim. (nin)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *