Safari Sosial Edisi 1

Ternyata SMA Khadijah juga melakukan kegiatan bakti sosial loh! Kegiatan Bakti Sosial yang disebut dengan Safari Sosial ini bertema “Berbagi untuk Negeri”. Kegiatan Safari Sosial ini dilaksanakan sebulan sekali dan diikuti beberapa perwakilan siswa didampingi Bapak Edy dan Bapak Yusuf selaku guru SMA Khadijah. Kegiatan ini rutin dilaksanakan oleh SMA Khadijah untuk berbagi kepada orang-orang yang kurang mampu.

Pada bulan Agustus kemarin, tim majalah Turcham meliput kegiatan Safari Sosial di Lamongan. Tim Safari Sosial dari SMA Khadijah ini telah mengunjungi dua rumah warga kurang mampu dan dua rumah anak yatim di desa Banjar Gondang kecamatan Bluluk, Lamongan.

Rumah pertama yang kami kunjungi adalah rumah Bapak Sidi, Lelaki yang memiliki empat orang anak ini bekerja sebagai tukang perakit bambu yang memiliki penghasilan tidak tentu. Rumah kedua yang kami kunjungi adalah rumah Ibu Wanten. Ibu dari tiga anak ini memiliki suami yang sakit stroke. Ibu Wanten  mengadalkan pekerjaan sebagai buruh untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Selanjutnya tim Safari Sosial memberikan santunan kepada para anak yatim yang masih mengenyam pendidikan.

Setelah dari desa Banjar Gondang, tim Safari Sosial meluncur ke desa Gembong kecamatan Babat, Lamongan. Di desa Gembong ini kami telah mengunjungi lima rumah warga kurang mampu. Rumah pertama yang kami kunjungi di desa Gembong ini adalah rumah Ibu Nurul. Perempuan berumur 36 tahun ini mengalami kebutaan. Kegiatan sehari-harinya hanya mengurus anak laki-lakinya yang masih berumur 4 tahun.

Rumah kedua yang menjadi tujuan kami adalah rumah seorang pria tua bernama Joyokardi. Bapak Joyokardi ini hidup bersama anak angkat perempuannya yang masih berumur 12 tahun dan mengalami kelainan yaitu tidak dapat berbicara sejak kecil. Tinggal di rumah yang sangat sempit, bapak ini hanya mengandalkan hasil ikan pancingannya di sungai untuk kehidupan sehari-harinya.

Tujuan selanjutnya adalah dua orang yang memiliki tempat tinggal berbeda tetapi sama-sama hidup di rumah yang menjadi satu dengan kandang sapi. Dengan bau kotoran sapi ini, tentunya sangat mengganggu bagi dua orang yang sudah lanjut usia ini. (BE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *