Siap Seleksi Masuk PTN Tahun 2021!

Turcham – Acara sosialisasi seleksi PTN 2021 dilaksanakan pada hari Selasa (15/12) bertempat di auditorium virtual SMA Khadijah Surabaya dengan menggunakan aplikasi zoom dalam rangka menyambut “Proses Seleksi Masuk PTN 2021” yang akan dimulai sejak 4 Januari 2021 yang tinggal dua minggu lagi. Disisa waktu itu juga, sudah dimulai proses pendaftan akun LTMPT. Narasumber dari acara tersebut adalah Luluk Zakiyah, S. Psi, salah satu guru BK kelas XII, SMA Khadijah Surabaya. Siswa-siswi kelas XII, walimurid, dan alumni 2020 menjadi peserta di acara sosialisasi tersebut.

Beliau penyampaikan tanggal-tanggal penting dan persyaratan untuk SNMPTN, UTBK, serta SBMPTN, dan beberapa perubahan sistem seleksi masuk 2021 dengan 2020.

Tujuan diadakannya acara ini tidak lain untuk menjembatani kondisi pandemi sehingga pemerintah membatasi untuk pertemuan tatap muka atau luring di sekolah. Padahal kebutuhan untuk mendapatkan informasi tetap menjadi hak siswa kelas XII.

“Tanggapan siswa sangat antusias luar biasa meskipun secara virtual bisa dihadiri 200 an peserta yang terdiri dari kelas XII beserta beberapa orangtua mereka yang berkesempatan mengingat pelaksanaan di jam kerja serta beberapa alumni tahun lulusan 2020 yang ingin mendaftar SBMPTN 2021.” Kata beliau yang menanggapi bagaimana antusiasnya siswa-siswi kelas XII.

Beliau juga menyampaikan harapan untuk seluruh siswa-siswi kelas XII, yaitu siswa memahami sistem seleksi masuk masuk PTN, mengisi dengan kegiatan yang bermanfaat dihari libur semester ganjil, seperti:

  1. Berdialog dengan orang tua memantapkan pilihan PTN dan program studi.
  2. Berkonseling dengan guru BK meskipun virtual untuk memantapkan pilihan PTN dan program studi.
  3. Berlatih soal-soal UTBk sesuai bidang program studi yang dipilih apakah saintek, soshum, atau campuran.
  4. Masuk disemester genap, 4 Januari 2021 dalam kondisi siap belajar persiapan UTBK bersama Bapak/Ibu guru SMa Khadijah dan siap mendaftar PTN 2021 (nin/shan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *