Opini

Tutorial Survive di Dunia Putih Abu-Abu

Oleh: Muhammad Nabiel Firdausi

Disela-sela keramaian kota Jogjakarta aku mendapat pesan dari calon kelas 12 anggota Turcham. Dia bilang kepadaku untuk memberi tulisan motivasi sekaligus humor yang Akan disampaikan untuk adek kelas yang mau masuk ke SMA Khadijah. Dan adek kelas 11 12 yang melanjutkan belajar mereka.

Karena wajahku tidak Ada kesan humoris, jadi maaf kalau ga ada humornya hehe, dan gini, karena aku orangnya agak strukturis (opo ae kwkwk) aku akan pisah pisah ya pesanku, Ada yang buat kelas 10 Ada yang kelas 11 dan Ada yang kelas 12. Buat kalian yang hanya mau baca di bagian angkatan kalian saja bisa skip skip, oke? Oke Mari kita mulai hehe.

Bismillah

Angkatan 71 – Wajah Baru SMA Khadijah.
Hai adek kelas angkatan 71. mungkin kita Tak saling kenal, tapi aku persembahkan sedikit tulisan ini untuk kalian Para SIBA (siswa baru) dari SMA Khadijah. bagaimana kabar kalian? besok senin sudah mulai memasuki masa SMA ya.

Tenang aja, masa SMA hampir sama kok dengan masa SMP, jadi jangan percaya kalau kakak osis kalian nanti bilang beda jauh hehe. Jadii emm, aku bingung mau bilang apa, gini aja, perkenalkan namaku Nabiel Dan Baru lulus dari SMA Khadijah. jadi Aku lulus kamu masuk. hehe. Absurd ya.

Aku hanya mau cerita aja ni, nikmati masa masa SMA Kalian yaa, mungkin bagi kalian yang SMP nya khadijah Akan tidak terlalu asing dengan keadaan. tapi bagi kalian yang dari sekolah smp lain. jangan canggung ya, guru Dan teman temannya baik baik kok. Tidak papa tidak langsung kenal semua. gaperlu SKSD (sok kenal sok dekat) ngalir aja, nanti kamu Akan kenal temanmu satu persatu.

Oh ya, sepertinya minggu ke 2 kamu juga sudah mulai bertemu dengan teman kelasmu. Siapapun itu, kalian berteman ya hehe, mungkin kamu boleh bersaing sesama teman tentang nilai Dan pelajaran Secara sehat, tapi selebihnya itu tetap temanmuu, nikmati masa masanya yaa, udah gaperlu bingung, ngalir aja.

Terus jangan lupa ya, niat pertama mu di SMA Kan untuk belajar, jangan lupa ya belajar dengan giat. Kata Pak Sendi (guru fisika mu nanti) kamu ga perlu belajar sampai berlebihan, ga perlu juga tuh, se minggu awal belajar terus, nanti se minggu kedepannya males. Cukup materi guru kamu dengarkan, nanti saat pulang kerjakan tugas langsung Dan mengulang apa yang disampaikan. Dan gitu aja berulang ulang, nanti saat ulangan kamu ga perlu keberatan, soalnya sudah belajar setiap Hari dengan santai.

Nah, Ada orang bilang SMA itu adalah masa masa terindah, oleh karena itu kamu juga nikmati dengan bersosial dengan temanmu yaa, gimana caranya kalau malu untuk berkenalan? ikut aja ekstrakulikuler atau OSIS, nanti kamu Akan kenal dengan sendiri nya teman teman atau bahkan doi mu nanti, asikk hehe.

Yaa sebenarnya Sekolah SMA yang aku sendiri alami kayak gitu sih, Kita sekolah dengan giat, pelajaran kita ikuti, jangan malu bertanya, kalau malu saat ramai bertanyalah langsung ke gurunya. Asli, guru SMA Khadijah baik baik kok. bahkan bidang apapun yang ingin kamu perdalam, Ada semua pakarnya di SMA Khadijah. jadi gituu ya gais angkatan 71 Tata niat Dan mengalir aja, mengalir dengan aliran yang deras hehe.

Oke sekian kelas 10 semangat ya, kalau bisa Cita Cita mu kamu mantapkan di kelas 10 ini, nanti biar persiapan kuliah nya agak panjang. Dan jangan terlalu santuy juga walau kesannya mengali, kamu harus ingat tanggung jawabmu belajar ya. Ga pelu toleh kanan kiri kalau temanmu malas, kamu tetap belajar, kalau temanmu jauh lebih pinter kamu tetep belajar. apapun itu kamu tetep belajar okee? oke

Angkatan 70 – Angkatan Peralihan Imut Imut ke gagah gagah
Hai Angkatan 70, calon kelas 11. Jangan galak galak ya sama adek kelasmu. temani mereka, di semuanya, Entah di pelajaran, organisasi atau ke jenjang yang lebih serius, eh, pokoknya temani mereka ya, kamu adalah sosok yang mereka lihat, soalnya kalau kelas 12 kejauhan. Jadi mereka melihat bagaimana SMA Khadijah anaknya, bagaimana cara berorganisasi, bagaimana cara belajar mereka melihat apa yang ada didirimu. Ya kalian kelas 11 juga tetaplah menjadi diri sendiri, tapi tetap perbaiki diri ya kalau ada yang kurang Dan kembangkanlah potensimu.

Kelas 11 ini mungkin masa masa puncak kalian dekat dengan teman teman kalian, apalagi Corona sudah mulai sirna kan, jadi kalian bisa jauh lebih dekat lagi. Di masa masa kalian juga mungkin masa masa puncak organisasi, masa masa puncak ikut lomba, bagus sekali. Biasanya Para pemenang lomba ya dari kelas 11 hehe.

Nikmati yaa kalian Para kelas 11. tapi jangan lupa, mungkin dengan sibuknya kalian di organisasi kalian jadi jarang belajar. Jangan lupa ya belajarnya, itu tanggung jawabmu Dan tujuan awal kau bersekolah. Tapi jangan dibuat beban, kalian bisa belajar sambil kumpul organisasi, sambil kumpul ekstra. Pokoknya nikmati juga deh, tapi belajarnya jangan lupa, soalnya materi UTBK kayak nya Banyak sekali kisi kisi dari kelas 11 karena materi nya paling Banyak di Sana juga, Pokoknya jangan tunda tunda ya, Ada tugas organisasi langsung kerjakan, Ada tugas sekolah langsung kerjakan. biar ga jadi beban hehe. okee semangat kelas 11

Angkatan 69 – Adek kelas terlama Online di SMA.
Hai kelas Calon Kelas 12, Calon Peserta Masuk Perguruan Tinggi. Entah SNMPTN atau SBMPTN. gimana rasanya? udah mulai merasa ”wah udah kelas 12 aja nih, mau kemana ya aku.” buat kalian angkatan 69 ini, jangan terlalu overthinking ya hehe, aku dulu sering sih sama temen temenku. Kayak nya ngomong memang mudah tapi ngelakuin berat. Tapi intinya dari temen-temenku yang ku lihat sekarang. Ada Banyak jalan menuju Juventus, eh maksutnya Roma.

Jadi kalau SNMPTN ga lolos, Masih Ada UTBK, kalau masih ga lolos pun masih Ada mandiri yang bentuknya macam macam. Jadi peluang kalian Banyak kok, ga hanya 3 tapi buanyak. jadi apa yang perlu kalian lakukan? gausa toleh kanan kiri, persiapan UTBK Dan jaga nilai kalian di semester 5 ini. Tapi Belajar UTBK kencengin, pokoknya usaha.

Kata Mahatma Gandhi kalau kamu berusaha mungkin Ada hasil mungkin tidak Ada hasil, tapi kalau ga berusaha sudah pasti ga Ada hasil. Jadi tetep berusaha sekuat mungkin ya. Jangan hanya berharap di SNMPTN (undangan) bagi kalian yang ranking atas, tetap persiapan utbknya di siapkan seakan Akan tidak Ada yang namanya snmptn (walau semester 5 harus kamu jaga juga).

Dan juga nikmati masa terakhir kalian Bersama teman kalian, kalian mungkin paling sebentar kebersamaannya di SMA Khadijah, tapi pasti kenangan kalian juga gak Akan kalah, tetap semangat Ya kelas 12, calon Maba taun depan hehe, Aamiin. kalau mau belajar apa apa kerumahku gapapa hehe.

Untuk Ketiga Angkatan
kalian yang rukun ya, kalian Kan mulai offline dan bertemu setiap hari, jadi pasti Ada masalah juga di sekitar kalian. tetap janga kerukunan Dan belajar yang rajin hehe. siapkan sertifikat kalian yang mau ikut jalur undangan. siapkan kemantapan Hati kalian di universitas dan jurusan kalian. kalau kata Pak Adib universitas memang penting, tapi yang paling penting jurusannya, kamu mau apa, kamu mau menuntut ilmu apa. masalah tempat itu yang nomer 2. seperti terminal nya bisa mana aja, bis nya bisa mana aja, tapi tujuan Kota akhir adah tujuan awal kita naik bis. begituuu. hehe makasii ya udah dibaca.

Salam hangat

El Firdauso ~
Jogjakarta 17 Juli 2022
Mengamati Mendungnya Kota Pelajar
Nganggur

420 total views, 6 views today

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *