Opini

Selamat Menempuh Hidup Baru (Masa SMA)

Oleh: Putri Noor Shofia

Ditengah kesibukan mempersiapkan dekorasi MPLS, saya teringat mengenai kenangan-kenangan awal perjalanan di masa SMA yang benar-benar memorable.

Tahun ini, saya akhirnya menginjak jenjang akhir masa sekolah. Rasanya agak aneh, 2 tahun ini berlalu sangat cepat, seolah baru kemarin saya menginjakkan kaki di SMA Khadijah dan berkenalan dengan teman-teman baru.

Saya ucapkan selamat untuk siswa-siswi baru yang besok akan menyambut hari pertamanya sebagai siswa SMA, welcome to SMA Khadijah!

Mungkin agak menyeramkan ya rasanya? Kalian pasti sudah sering mendengar berbagai cerita tentang masa SMA, entah yang baik atau yang buruk. But I assure you, it’s not as bad as you think! If you are excited to start your journey here, however, do keep up your spirit guys! .

Bagi yang dulu sekolah di SMP Khadijah, mungkin sudah familiar dengan lingkungan Khadijah, tapi untuk yang merantau dari kota lain atau lulusan SMP lain, jangan terlalu gugup, okeei?. Di sini banyakk banget kakak kelas, teman seangkatan, dan guru-guru yang siap banget untuk membimbing kalian. Jadi, if you ever feel lost, don’t be afraid to ask for help, okay?

Di hari pertama saya menjadi siswa SMA, saya merasa agak canggung dan takut, karena setelah sekian lama (setelah masa pandemi), saya akhirnya harus menyambut lingkungan baru.

Tapi, at the same time, saya juga merasa excited untuk menyambut rintangan dan kesempatan yang akan saya hadapi. Mungkin, beberapa dari kalian merasa ‘terpaksa’ masuk sekolah ini karena tidak diterima di pilihan pertama, tapi percaya deh, sekolah ini benar-benar worth the effort!

Salah satu hal yang saya suka dari SMA Khadijah adalah guru-gurunya yang pengertian dan open-minded, juga karena sekolah ini benar-benar mendukung talent siswa.

Saya sendiri merupakan seorang siswa yang sangat suka mengasah skill di bidang seni rupa, dan saya merasa sangat beruntung bisa sekolah disini. Tidak cuma di bidang akademis, SMA Khadijah juga sangat mendukung, bahkan membimbing dan memfasilitasi siswa-siswi yang aktif di bidang non-akademis.

Jadi, kalau kalian memiliki minat atau bakat di bidang tertentu, go ahead and pursue your dream! Your talent and skill won’t go to waste in this school hehe. Buat kalian yang ambis dan produktif, this school is the perfect place for you. Tapi, in case kalian masih mencari dan mencoba-coba, you can take it easy. I’m sure you will find what you want to achieve soon, as long as you don’t stop trying.

Mungkin kalian juga nervous untuk menghadapi lingkungan baru. Masa-masa MPLS ini memang merupakan kesempatan kalian untuk mencari teman baru dan beradaptasi dengan lingkungan Khadijah, tapi kalian nggak perlu buru-buru kenalan dengan semua orang.

Nggak perlu dipaksain buat SKSD, nanti pasti kenal satu persatu kok. You can go with your own pace, there’s no need to rush. You will figure everything out as time goes by.

Jangan terlalu merasa tertekan dengan nilai atau Pelajaran juga yaa. Memang, di SMA nilai dan pencapaian itu penting untuk menentukan kuliah kalian, tapi bukan berarti kalian harus memaksakan diri untuk menggapai banyak hal sekaligus. Kalau ada hal yang ingin kalian capai, do it step by step and don’t rush.

Nanti kalau kalian yang capek atau stress gimana huhu TT. Jangan sering menyalahkan diri sendiri juga kalau kalian melakukan kesalahan, it’s totally normal to make mistakes.

Sebagai remaja, kita memang masih dalam proses belajar, dan walaupun sudah latihan atau mengalaminya berkali-kali, it’s still possible to make mistakes. But you should know this, setiap kali kalian memutuskan untuk bangkit kembali, pasti ada perkembangan yang terjadi dalam diri kalian, dan perkembangan itu adalah hal yang penting dari proses kita belajar.

Jadi, kalau kalian dihadapkan dengan sebuah kesempatan atau rintangan, don’t be afraid to chase it. Jangan takut untuk gagal atau melakukan kesalahan, who knows, kegagalan yang begitu ditakuti bisa jadi merupakan sebuah keberhasilan yang akan memengaruhi masa depan kalian. Gagal atau berhasil, menang atau kalah, itu semua nggak sepenting pengalaman dan perkembangan yang akan kalian dapat.

Satu lagi saran dari saya, kalau bisa kalian mulai menentukan goals dan prioritas kalian untuk kedepannya. Kalau kalian mau menambah relasi dan pengalaman berorganisasi, then go ahead and apply to one!.

Dijamin pengalaman berorganisasi di SMA nggak bakal sia-sia, selain pengalaman tapi kalian bakal ketemu jaring-jaring dan sumber informasi yang paling luas, lengkap, dan cepat lewat organisasi.

Kalau kalian mau fokus ke nilai, jangan capek-capek buat cari lomba dan tanya-tanya ke guru atau teman. Bicara dari pengalaman saya sendiri, kalau mau memprioritaskan nilai, organisasi, lomba, tahfidz, dan relasi sosial sekaligus, nanti ending-nya pasti kita yang frustrasi sendiri.

Buat skala prioritas dan sesuaikan time management kalian, menurut saya ini hal terpenting yang perlu diimplementasikan kalau kalian ingin hasil yang maksimal dengan effort yang efektif.

Dan yang terpenting, kalau kalian merasa capek atau tertekan, it’s totally okay to take a break. Nilai, sekolah, temen, itu semua memang penting, but you, you and your feelings are the most important thing. Kalau kalian merasa it’s too much to handle, take a step back and rest just for a bit. You deserve a rest after all the hard work you have done. Nggak ada yang bakal nyalahin kalian untuk istirahat sebentar, you can take your time and recharge, okay?

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, SEMANGATT untuk siswa-siswi baru yang penuh potensi!

Be the best version of yourself, I have faith in you!

-Penulis merupakan seseorang yang ‘butuh menyentuh rumput

459 total views, 6 views today

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *