Informasi Sekolah

Kelana ke Negeri Jiran, Intip Keseruan 5 Siswa SMADIJAH di AYIMUN 14!

Lima siswa SMA Khadijah ikut serta dalam Asian Youth International Model United Nation 14 (AYIMUN) pada (2-4/08) di Hotel Berjaya Time Square, Kuala Lumpur, Malaysia.

Asian Youth International Model United Nation berbentuk seperti simulasi sidang PBB, para peserta akan berperan sebagai diplomat dan melakukan diskusi terkait beberapa isu global.

Daftar perwakilan siswa SMA Khadijah dalam AYIMUN 14 adalah:

  1. Nailal Fariha XII-2
  2. Lusiana Lukmitta Joethe XII-3
  3. Regina Talitha Rachma XII-5
  4. Alyssa Siti Nisrina XII-3
  5. Fadhli Naufal Novanto XII-3

Agenda inti dari kegiatan ini adalah Confrence yang terbagi atas enam commitee session. Diawali dengan roll call atau absensi dan General Speaking List yakni pidato pembuka dari beberapa perwakilan negara.

Dilanjutkan dengan moderated caucus yaitu menyampaikan mosi dan diskusi sub-topik suatu isu tanpa keluar dari wilayah tempat duduk lalu unmoderated caucus yaitu diskusi untuk menyusun working paper dan draft resolution bersama tim/blok negara dan diperbolehkan berkumpul. Diakhiri dengan Closing conference, penentuan hasil dari draft resolution yang akan diangkat ke United Nations.

Cr: Asian Youth Internatonal Model United Nation 14

Sisi, salah satu peserta AYIMUN 14, menyampaikan benefit dari kegiatan ini “pastinya bakal dapet pengetahuan terkait organisasi internasional, kita juga bakal dapet sertifikat dan itu berguna banget buat daftar PTN melalui jalur SNBP” jelasnya.

Bagi Luna, hal paling berkesan di AYIMUN 14 adalah waktu konfrensi yang cukup menantang. “Waktu itu deg-degan banget karena kita semua yang ke sana kan baru pertama kali, jadi kita belum tahu gimana caranya tapi disana kita dibantu oleh chairs” ungkapnya.

(aql)

207 total views, 6 views today

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *