Musik

Buat Makin Cinta Tanah Air! Rekomendasi 6 Lagu Penuh Spirit Kemerdekaan

Pengulas: Muhammad Axel Sunday Ramazan

Indonesia Merdeka pada bulan Agustus, sehingga membuat bulan ini menjadi bulan yang sakral bagi rakyat Indonesia. Biasanya Masyarakat Indonesia mengadakan lomba-lomba kemerdekaan untuk menyambut hari ulang tahun bangsa Indonesia. Tentunya ditemani dengan lagu-lagu yang memiliki nilai semangat kemerdekaan. Kami telah merangkum beberapa lagu yang memiliki nilai semangat kemerdekaan berdasarkan tahun publikasinya.

Berikut daftar lagu tersebut:

  • Kebyar-Kebyar  – Gembloh

”Indonesia, merah darahku
Putih tulangku, bersatu dalam semangatmu
Indonesia, debar jantungku
Getar nadiku, derbaur dalam angan-anganmu
Kebyar-kebyar pelangi jingga”

Lagu bertemakan nasionalis datang dari seorang penyanyi lawas, yang banyak menciptakan lagu nasionalis. Soedjarwoto, atau yang biasa dikenal sebagai Gombloh. Menciptakan lagu kebyar-kebyar pada tahun 1979, bersama grup musik Lemony Trees Anno ’69. Lagu ini memiliki makna tentang kita sebagai generasi penerus bangsa, hendaklah bangga dapat menjadi bagian dari bangsa ini, tanpa harus menutupi identitas kita, dan juga dengan beraneka ragamnya perbedaan yang ada di Indonesia, tidak membuat pecahnya persatuan justru timbulnya rasa saling menghargai antar sesama.

  • Rumah Kita – Godbless

“Lebih baik di sini
Rumah kita sendiri
Segala nikmat dan anugerah Yang Kuasa
Semuanya ada di sini
Rumah kita”

Lagu rumah kita ciptaan godbless, merupakan lagu wajib pada perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Lagu yang telah melegenda di kuping para Masyarakat Indonesia. Lagu ini diciptakan oleh gitaris godbless, Ian Antono. Lalu dirilis pada tahun 1988. Meskipun termasuk lagu lawas namun lagu ini selalu melekat di hati para pendengarnya, dan yang pasti selalu diputar pada perayaan kemerdekaan di bulan Agustus, khususnya pada malam menyambut kemerdekaan Republik Indonesia. Lagu ini memiliki makna tentang walalupun kita hidup seadanya namun semua itu harus kita syukuri, bahwa inilah rumah kita, dan kita harus bangga dapat memilikinya, karena tak ada tempat yang dapat menyaingi rumah kita ini.

  • Bendera – Coklat

“Merah putih teruslah kau berkibar
Di ujung tiang tertinggi di Indonesiaku ini”

Siapa yang tak kenal dengan lagu satu ini? Lagu ini menjadi salah satu lagu wajib pada perayaan kemerdekaan. Lagu yang dirilis pada tahun 2002, dan diciptakan oleh gitaris band Sheila On 7 ini sukses membuat lagu ini menempel di benak para pendengarnya. Intro yang ikonik membuat para penonton berteriak sebelum vokalnya bernyanyi. Lagu ini menanamkan jiwa patriotisme kepada para pendengarnya, agar selalu membela negara dimanapun berada, mengangkat derajatnya, dan berani mempertaruhkan segalanya demi bangsa.

  • Garuda di dadaku – NTRL

“Garuda di dadaku
Garuda kebanggaanku
Ku yakin hari ini pasti menang…
Kobarkan semangatmu….”

Lagu berikutnya datang dari band punk NTRL. Lagu ini diciptakan oleh ketiga personelnya. Yaitu, Bagas, Eno, dan Coki, yang kemudian dirilis pada tahun 2009. Lagu yang sering dinyanyikan oleh ultras garuda, menemani timnas yang sedang berjuang demi dapat mengharumkan nama bangsa. Lagu yang sangat khas ini membuat para pendengar nya menjadi lebih bersemangat dengan aliran musiknya yang keras sehingga pantas untuk dijadikan lagu pengantar lomba agustusan kalian. Lagu ini juga memiliki makna semangat kemerdekaan dan menambah kecintaan akan tanah air kita.

  • Dari Mata Sang Garuda – Pee Wee Gaskins

”Indonesia

Kobarkan semangatmu

Kan ku bela sampai habis nafasku

Jangan pernah menyerah

Sudah terlalu lama kita terlelap

Bangkit dan raih semua mimpi”

Lagu ini pernah dipakai menjadi salah satu soundtrack sinetron yang berjudul “Tendangan Garuda” yang tayang pada tahun 2018, membuatnya menjadi lagu yang khas dikuping para anak-anak khususnya di era 2018. Lagu ini diciptakan oleh dochi sadega sebagai vokalis dan rekan se-band nya, yang kemudian dirilis pada tahun 2010. Lagu yang bertema nasionalis ini memiliki makna, tentang: kita sebagai penerus bangsa hendaklah menjaga persatuan yang telah dibangun oleh para pendahulu kita agar apa yang telah dilakukan oleh para pendahulu kita ini tidak menjadi sesuatu yang sia-sia, dan kita sebagai penerus bangsa hendaklah bangun dan mengejar apa yang kita impikan agar dapat mengharumkan nama bangsa kita ini.

  • Jadilah Legenda – Superman Is Dead

“Untuk Indonesia, teruslah bertahan
Walau dihancurkan, disakiti
Kau tetap berdiri di sini
Untuk Indonesia, jadilah legenda
Kita bisa dan percaya”

Lagu dengan semangat kemerdekaan datang lagi dari band punk, asal Bali. SID (Superman Is Dead) merilis lagu ini pada tahun 2013. Lagu ini diciptakan oleh drummer SID Jerinx. Lagu beraliran rock ini tentunya menggugah semangat para pendengarnya dengan lirik yang meningkatkan jiwa nasionalisme kita. Lagu ini memiliki makna tentang kita sebagai warga negara yang cinta akan tanah air, haruslah membela tanah air kita, dimanapun berada dan kapanpun itu, juga karena Indonesia memiliki kekayaan alam yang beragam, budaya, dan etnis yang beragam pula maka sepatutnya kita harus bangga dapat menjadi bagian darinya.

Gimana nih? Apakah lagu yang kita beri sudah cukup untuk menemani perayaan Agustusan kalian? Jadi itulah 6 lagu hits yang memiliki semangat nasionalisme ala Turcham Media. Kami juga ingin ingin mengucapkan dirgahayu kepada Republik Indonesia yang pada tahun ini berumur 79 tahun. Semoga dengan bertambahnya umur ini, bangsa Indonesia dapat menjadi bangsa yang maju, dapat mensejahterakan rakyat, dan peduli kepada rakyatnya. JAYA SELALU INDONESIAKU… MERDEKAAA…

Penulis yang sedang cantengan sedari SD.

174 total views, 6 views today

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *