Film

Kenang dan Pelajari Sejarah Perjuangan Lewat 5 Rekomendasi Film Kemerdekaan

Pengulas: Rafi Ervandy Laksono

Dalam rangka HUT ke-79 RI. Pastinya seringkali kita melihat banyak sekali film-film yang di tayangkan di bioskop maupun televisi. Berikut adalah “5 Film Bertema Kemerdekaan” Versi Turcham Media.

  1. Soekarno: Indonesia Merdeka

Film yang di sutradarai oleh Hanung Bramantio ini berkisah tentang Biografi seorang pejuang kemerdekaan sekaligus Presiden pertama Republik Indonesia. Memperjungkan kemerdekaan Indonesia dalam penjajahan Belanda dan Jepang. Bermula dari Soekarno yang di tangkap oleh pemerintahan Hindia Belanda. Selanjutnya, film mengisahkan perjalanan hidup sang proklamator semasa kecil hingga pembacaan Proklamasi oleh Sang Proklamator pada 17 Agustus 1945.

  • Merah Putih

Rangkaian dari film Trilogi Merdeka yang di sutradarai oleh Yadi Sugandi. Bergenre drama historis, berkisah tentang perlawanan terhadap Belanda di tahun 1947 oleh 5 Kadet yaitu Amir, Marius, Thomas,  Soerono, dan Dayan yang masing masing memiliki latar belakang suku dan agama yang berbeda. Barak Bantir yang berlokasi di Semarang Jawa Tengah yang suatu ketika diserang oleh tantara Belanda. Mereka yang berhasil lolos, bergabung pada pasukan Gerilya di pedalaman Jawa.

  • Sang Kiai

Film bergenre Action/Biografi yang di sutradarai oleh Rako Prijanto di bawah naungan Rapi Films ini mengisahkan perlawanan oleh tokoh agama terhadap pemerintahan Jepang. KH Hasyim Ash’ari yang ditangkap oleh para prajurit Jepang.

Hal tersebut membuat ketiga putranya beserta seluruh santri Pondok Pesantren Tebuireng Jombang yang dipimpinnya marah mendengar kabar tersebut termasuk 3 santri kepercayaan kiai. Hal ini juga membuat santri dari seluruh Jawa dan Madura bergejolak dan tidak tinggal diam untuk membebaskan Sang Kiai.

  • Jendral Soedirman

Film karya Viva Westi yang dibintangi oleh Adipati Dolken sebagai Jendral Soedirman. Menceritakan seorang tokoh pejuang kemerdekaan yang kala itu sedang didera penyakit paru-paru, akan tetapi harus memimpin perang Gerilya selama tujuh bulan untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Jendral Soedirman membuat wilayah Jawa menjadi medan perang yang luas sehingga membuat tantara Belanda kehabisan akal dan waktu, yang pada akhirnya rakyat Indonesia memenangkan perang dengan ditanda tanganinya Perjanjian Roem-Royen dan Kerajaan Belanda mengakui kedaulatan Bangsa Indonesia secara utuh.

  • Kadet 1947

Berkisah tentang sekelompok Kadet dari sekolah penerbangan Angkatan Udara di Maguwo. Film yang disutradarai oleh Rahabi Mandra ini terinspirasi dari peristiwa penyerangan terhadap markas Pertahanan Belanda di Semarang, Salatiga, dan Ambarawa pada tanggal 29 Juli 1947.

Sigit, Mul, Har, dan Aji, keempat pelajar Angkatan Udara yang sangat berambisi untuk ikut serta dalam melindungi dan menjaga Indonesia dari pihak Belanda. Namun ambisi keempat pemuda ini terhalang oleh banyaknya rintangan yang dikarenakan mereka masih berstatus sebagai seorang Kadet atau Pelajar, sehingga mereka belum di perbolehkan membawa alat persenjataan dan pesawat.

Film ini tidak hanya berkisah tentang perjuangan Indonesia saja. Melainkan tersirat kisah persahabatan yang harus mereka hadapi, serta bumbu-bumbu cinta dari seorang Sigit kepada kekasihnya, Asih.

Itu tadi kelima film rekomendasi yang cocok ditonton di hari kemerdekaan Republik Indonesia versi Turcham Media. Dirgahayu ke-79 untuk Republik Indonesia. Merdeka, Merdeka, Merdeka!!

Penulis Merupakan Bagian Dari Klan Ven2zion

pict source

141 total views, 6 views today

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *