Game

Bad Parenting #1: Misteri Di Balik Ayah yang Hilang

Pengulas: Nur Syifa Ramadhani

Belakangan ini, perkembangan game indie semakin menunjukkan potensi yang besar, salah satunya ialah game yang berjudul Bad Parenting. Bad Parenting #1: Mr. Red Face merupakan game horor analog yang dibuat oleh studio 2002, developer indie asal Vietnam.

Game ini dirilis pada 16 Agustus 2024 dan bisa didapatkan secara gratis di itch.io. Game ini dapat dimainkan di PC dengan sistem operasi Windows. Selain berbahasa Inggris, game ini juga tersedia dalam 16 bahasa lain, seperti Bahasa Jepang, Bahasa Korea, dan Bahasa Indonesia.

Game ini mulai tenar di Indonesia sejak Youtuber Gaming, Windah Basudara memainkan game ini pada 19 Agustus 2024, tepat 3 hari setelah game tersebut dirilis, diikuti oleh Youtuber Gaming lainnya.

Gameplay

Pemain berperan sebagai Ron, seorang anak laki-laki yang berusaha mencari ayahnya yang diculik oleh pencipta boneka kesayangannya, Doll. Bersama Doll, pemain akan menjelajah melintasi berbagai dimensi yang berbeda-beda. Pemain akan melakukan beberapa tugas (task) agar alur cerita dapat berlanjut. Pemain juga akan menguak kenyataan terpendam yang telah lama dicari tahu.

Visual

Studio 2002 menggunakan efek TV analog untuk game buatannya. Visual yang memiliki kualitas buruk khas tahun 90-an itu menambah kesan horor dalam game tersebut, sehingga para pemain akan merasakan sensasi horor yang lebih menegangkan.

Audio

Sang developer, Anh, menggunakan lagu-lagu lawas untuk mendukung visual dari game buatannya. Lagu Old Yazoo yang dinyanyikan The Boswell Sister dan Alexander’s Ragtime Band yang dinyanyikan oleh Irving Berlin digunakan untuk mengiringi intro dan outro game. Selain itu, efek audio khas game retro yang digunakan juga mendukung kesan klasik yang ingin ditonjolkan oleh Anh.

Kelebihan kekurangan

Game ini memiliki alur cerita yang ciamik dalam pembawaannya. Perpaduan visual dan audio yang pas juga menjadi daya tarik game tersebut. Mungkin orang-orang akan merasa bahwa efek visual dari game garapan studio 2002 ini lebih buruk dari game-game horor analog kebanyakan, tetapi visual yang seperti ini dapat menambah kesan horor yang sang developer inginkan.

Overall

Bad Parenting #1: Mr. Red Face berhasil memadukan cerita yang misterius, visual retro yang menambah ketegangan, serta audio yang membawa suasana horor klasik. Meskipun efek visual mungkin terasa kurang halus bagi sebagian orang, justru itulah yang membuat pengalaman bermain semakin menegangkan.

Game ini merupakan pilihan yang menarik bagi pecinta game horor analog yang ingin merasakan sensasi menakutkan dengan sentuhan estetika klasik. Dengan elemen-elemen yang mendukung, Studio 2002 berhasil menciptakan atmosfer horor yang unik dan layak dicoba oleh para pemain.

390 total views, 12 views today

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *