Informasi Sekolah

Hari Pahlawan 2023: Gelegar Orasi Hingga Awarding Lomba Kostum dan Artikel

Hari pahlawan selalu diperingati setiap tahunnya. Pada tahun ini, POSKHA-PK SMA Khadijah mengadakan lomba menulis artikel tentang pahlawan, Best Costume bagi siswa dan guru serta lomba orasi.

Untuk Lomba menulis artikel, ketentuan tema pahlawan telah ditentukan. Peserta dapat memilih 5 pahlawan, diantaranya:

  1. Mayjen Sungkono
  2. Gubernur Suryo
  3. Moestopo
  4. Bung Tomo
  5. KH. Hasyim Asy’ari

Penilaian tidak hanya berdasarkan dari kemiripan tema dan artikel yang menarik. Tapi dari ketepatan tata penulisan, kesesuaian penulisan dalam KBBI, kedalaman dan kejelasan isi artikel. Setiap jenjang akan diambil 1 karya artikel terbaik dan diunggah ke laman website POSKHA.  

Selanjutnya terdapat pula Lomba Best Costume bagi siswa dan guru. Lomba ini diikuti oleh seluruh warga SMA Khadijah. Kriteria penilaiannya adalah kesesuaian tema, kreativitas, menarik, kerapian dan keunikan kostum. Dalam lomba ini, para siswa dan guru mengenakan baju yang bervariasi.

Selain itu ada pula Lomba Orasi yang diikuti tiap perwakilan kelas. Lomba Orasi dilangsungkan di auning pada (10/11) selepas istirahat. Untuk urutan penampilannya diundi pada technical meeting dan durasi penampilan maksimal 3 menit. Dan penilaiannya sendiri dilihat dari kemampuan vocal (kejelasan suara, tempo dan intonasi), ketepatan waktu, kelancaran, ekspresi, dan gerak tubuh.

Setelah Lomba Orasi usai, Awarding segera dilangsungkan. Di sela-sela persiapan band flawless menampilkan lagu bendera dari coklat. Semua siswa begitu antusias dan ikut bernyanyi bersama-sama.

Berikut merupakan pemenang lomba hari pahlawan:

Lomba Artikel Tiap Jenjang Tema Pahlawan:

Kelas XII: XII IPA 3

Kelas XI: XI-3

Kelas X: X-6

Lomba Best Costume Siswa:

  1. Keven Ibnu dari XI 7
  2. Muhammad Syauqi X 6
  3. Ratu Mazidah Langitsauvi Al-Haqiqi X 5

Lomba Best Costume Guru:

  1. Pak Sugiono (Ketua TU SMA Khadijah)
  2. Bu Fitri (Petugas UKS)

Dan untuk Awarding Lomba Orasi akan dilaksanakan bersamaan dengan awarding KAS.

Ini beberapa kesan pemenang lomba hari pahlawan kali ini:

“Topik yang diambil untuk lomba artikel ini KH. Hasyim Asy’ari dan dibuat selama 2 hari. Agak nggak nyangka juga sih, tapi yang pasti bangga dan senang banget atas kemenangan yang didapatkan”

Binta Qaisharatil X-6, Perwakilan Pemenang Lomba Artikel Tema Pahlawan

“Alhamdulillah, ini tanpa disengaja untuk pake kostum ini. Cuma bapak ku seneng sama Bung Tomo, akhirnya kita mencari kostum yang semirip mungkin  dengan Bung Tomo. Harapan saya kedepannya semoga acara Hari Pahlawan tahun depan semakin meriah”

Keven Ibnu XI 7, Pemenang Best Costume Siswa

“Alasan saya memilih kostum tersebut karena dengan memilih baju tentara TNI, merupakan sebagai suatu kebanggaan karna dapat membela bangsa dan negara serta mempertahankan NKRI harga mati. Oleh karena itu semua generasi muda harus menghargai perjuangan para pahlawan dengan tetap semangat memajukan Indonesia dengan menjadi generasi emas”

Bapak Sugiono, Pemenang Best Costume Guru

“Malu banget soalnya nggak baca teks, jadi banyak yang tiba-tiba lupa. Blank gitu. Terus sensasinya agak beda dengan presentasi atau sambutan, bedanya kalau orasi harus meyakinkan pendengar dan ya menurut ku agak sulit buat nangkep audiens dan lebih kerasa tegang aja sih”

Ratu Mazidah Langitsauvi Al-Haqiqi X 5, salah satu peserta Lomba Orasi

(aql)

702 total views, 9 views today

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *