Opini

Merangkul Masa Depan

Izzi Muhammad Rizky A.*

Ketika saya pertama kali sampai di Cina, saya langsung terkesan dengan pemandangan gedung tinggi dan keramaian kota. Semangat dan kerja keras orang-orang di sekitar menciptakan atmosfer yang benar benar berbeda.

Dalam perjalanan menjelajahi kota Wuhan yang suhunya bagi saya super dingin itu (di bawah 10 derajat), saya terpesona oleh arsitektur dan sejarah yang menceritakan keagungan masa lalu. Perasaan ini membuat pengalaman saya di Cina semakin berkesan.

Yang membuat negari tirai bambu ini sangat menarik bagi saya adalah perpaduan yang khas antara modernitas kota dan penjagaan nilai-nilai tradisional. Gedung pencakar langit, kuil-kuil kuno lama, dan museum dapat dengan mudah kita jumpai.

Hal lainnya yang membuat lebih nyaman yakni transaksi digital yang sangat umum di sini, Alipay. Ini mempermudah berbagai transaksi sehari-hari, dan membuktikan betapa majunya teknologi di Tiongkok.

Saya merasa bahwa perubahan cepat di Cina menciptakan keunikan antara tradisi dan modernitas. Bangunan megah yang bersanding dengan kuil-kuil kuno, dan akses mudah ke sistem pembayaran digital adalah sebuah contoh bagaimana Cina memelihara nilai nilai sejarahnya sambil merangkul masa depan yang canggih. Semua ini menjadikan perjalanan saya di Cina sebagai pengalaman yang luar biasa dan seru.

Istirahat dikamar sambil liat liat taobao
Wuhan(13/12/2023)

*Siswa kelas XII IPA 4 yang menjadi peserta Mandarin Winter Camp 2023

131 total views, 1 views today

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *