Informasi Sekolah

517 Santri Sekolah Khadijah ikuti Munaqosah Al-Quran Tingkat PIQ

Turcham.com– Divisi Pengembangan dan Pembinaan Al-Quran (PPQ) Yayasan Khadijah gelar munaqosah Al-Quran tingkat Pesantren Ilmu Al-Quran (20/5/23).

Acara ini diikuti oleh 517 siswa dari seluruh tingkatan pendidikan mulai dari SD, SMP, hingga SMA yang merupakan bagian dari jaringan sekolah Khadijah.

Munaqosyah Tingkat PIQ kali ini diorganisir dalam 17 majelis yang terbagi untuk siswa SD, SMP, dan SMA. Setiap majelis terdiri dari 30 hingga 31 siswa.

Untuk tingkat SMA, Munaqosyah dilaksanakan di majelis 14-17. Dalam rangka memfasilitasi kegiatan tersebut, sekolah menyiapkan tiga tempat pelaksanaan, yaitu aula, masjid, dan ruang kelas di gedung SMP.

Sebelum acara dimulai, semua peserta telah menjalani persiapan intensif, termasuk pelatihan pembacaan dan hafalan Al-Quran di lingkungan sekolah maupun pondok pesantren.

Para siswa pun siap untuk tampil satu per satu di depan munaqis dari Pondok Pesantren Ilmu Al-Quran Singosari.

Selama Munaqosyah berlangsung, setiap peserta akan membaca sesuai dengan permintaan munaqis. Mereka akan dinilai berdasarkan teknik bacaan, penerapan tajwid, serta kefasihan dan kelancaran dalam membaca. Penilaian dilakukan secara objektif dan adil oleh juri.

Dalam acara ini, siswa-siswi memiliki kesempatan untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam membaca Al-Quran dengan baik. Mereka juga dapat belajar dari pengalaman dan mendapatkan motivasi untuk terus meningkatkan kecintaan dan pengetahuan mereka tentang Al-Quran.

Semoga kegiatan ini dapat menjadi langkah awal dalam membangun generasi Qur’ani yang tangguh di kalangan siswa Sekolah Khadijah Ahmad Yani.

Setiap majelis dipimpin oleh seorang pembimbing yang berpengalaman dalam bidang tahfidz Al-Quran. Pembimbing tersebut memberikan arahan dan dukungan kepada para siswa selama persiapan dan saat acara berlangsung atau biasanya kita sebut guru tartil.

Di aula sekolah, para siswa SMA berkumpul untuk mengikuti sesi Munaqosyah. Suasana khidmat terasa di ruangan tersebut saat setiap peserta memperlihatkan kemampuan membaca dan menghafal Al-Quran. Di sisi lain, di masjid sekolah, dan majelis lainnya berpusat di ruang kelas gedung SMP juga ikut melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran.

Munaqosyah Tingkat PIQ juga menjadi momen penting bagi para siswa untuk saling bertukar pengalaman dan mempererat tali silaturahmi antarpendidik dan siswa.

Mereka mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan siswa dari tingkat pendidikan yang berbeda dan saling memberikan dukungan.

Hasil Munaqosyah Tingkat PIQ ini nantinya akan diumumkan setelah proses penilaian selesai dilakukan. Para perserta yang lolos akan mendapatkan penghargaan yang berupa sertifikat dan apresiasi atas prestasi mereka dalam menghafal dan membaca Al-Quran.

Namun, di samping itu, setiap peserta juga menjadi pemenang dengan memperoleh keberkahan dan keberanian untuk terus mengembangkan kualitas bacaan Al-Quran mereka.

Dengan semangat yang tinggi, kegiatan Munaqosyah Tingkat PIQ di Sekolah Khadijah berjalan sukses dan memberikan dampak positif bagi siswa dalam meningkatkan pemahaman dan cinta mereka terhadap Al-Quran. Semoga kegiatan seperti ini terus dilaksanakan sebagai upaya nyata dalam mencetak generasi Qur’ani yang menjadi penerang bagi masyarakat. (CIZ)

329 total views, 2 views today

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *