Guru

Bahron Niam: Berawal dari Hobi

Pria asli Surabaya ini adalah salah satu guru Informatika terbaik di SMA Khadijah, beliau ini secara resmi bergabung menjadi salah satu guru SMA Khadijah sejak tahun 2005.

Namun sebetulnya beliau pernah mengajar di Karang Taruna tingkat SMP dan SMA Kelas 10 maupun 11. Beliau juga membuka les private saat beliau sedang berkuliah sampai beliau juga mengajar di universitas Muhammadadiyah Surabaya.

Pendidikan:
1. SD Maarif
2. SMP Muhammadiyah
3. SMA Swasta Umum (sudah tutup) 
4. ITS – Kimia
5. Univ Kartini – Teknik Industri

“Sebetulnya mengajar bukan cita-cita saya, itu hanyalah hobi yang akhirnya terus mengalir sampai sekarang”

Setelah lulus kuliah beliau sempat bekerja di salah satu Pengembang Applikasi Komputer, dan juga wirausaha.

“Saat pertama kali mengajar tentu saja penuh rasa menegangkan, tetapi juga penuh rasa antusiasme dan semangat, ada rasa tanggung jawab atas kesempatan untuk membentuk masa depan generasi muda, namun pada saat yang sama juga, pasti ada perasaan cemas atau ragu. Apakah kita bisa memenuhi harapan siswa, orang tua dan juga sekolah? Nah mungkin ini yang wajar untuk seorang guru, yaitu membutuhkan banyak sekali keterampilan dan tanggung jawab. Tetapi dengan waktu yang berjalan, pengalaman dan dukungan sebagai guru dapat menemukan kepuasan dan kebahagian dengan profesi ini” ungkap beliau saat menceritakan perasaannya saat pertama kali mengajar menjadi guru.

Menurut beliau, sebagai seorang guru juga harus mengenal dan memahami karakter siswa-siswi yang berbeda-beda di kelas. Termasuk memahami kekuatan, kelemahan, minat belajar hingga gaya belajar mereka.

Dengan begitu kita dapat merancang pendekatan yang sesuai. Beliau juga menerapkan “Diferensiasi” untuk menyesuaikan pengajaran ke mereka sesuai dengan kebutuhan siswa yang ada di kelas. Contohnya seperti memberikan contoh soal yang berbeda, menyediakan sumber bacaan, dan juga memberikan dukungan individu.

Menurut beliau, pengalaman yang paling berkesan saat menjadi guru adalah ketika seorang guru dapat berbagi ilmu kepada siswa-siswinya dan ilmu itu dapat merubah kehidupan seorang murid untuk masa depan.

Pengulas: Nayla Izzati

252 total views, 6 views today

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *