#GuruKeren Guru

Medina Andini: Jadi Guru Merupakan Suatu Pilihan yang Tepat dalam Hidup

Salah satu guru biologi SMA Khadijah, Medina Andini, M.Pd

Turcham.com-Medina Andini, M.Pd adalah salah satu guru biologi di SMA Khadijah. Selain menjadi guru, kegiatan yang disukai Bu Medina yaitu membaca dan mencoba-coba resep masakan.

Ada 2 cerita utama kenapa Bu Medina ingin menjadi guru biologi. Bu Medina mempunyai guru yang bernama Pak Makmun, beliau mengajar Aqidah Akhlaq.

“Suatu hari Pak Makmun cerita, bahwa saat kita meninggal dunia, segala amal ibadah kita akan terputus kecuali 3 hal, salah satunya adalah ilmu yang bermanfaat”, kata Bu Medina via WhatsApp.

Saat itu, Bu Medina berpikir bahwa sepertinya Bu Medina kesulitan untuk melakukan 2 amal yang tidak terputus saat meninggal. Tapi kalau ilmu yang bermanfaat, mungkin ‘saya’ bisa jadi guru.

Guru kelahiran 26 Januari 1986 ini mengaku kalau saat SMP dan awal SMA, beliau tidak suka pelajaran biologi karena banyak hafalannya. Tapi, saat Bu Medina kelas 11, ada guru biologi yang bernama Bu Lilis. Beliau ngajarnya enak sekali, sehingga membuat Bu Medina sangat paham dengan pelajaran biologi tersebut.

“Oh biologi itu bukan untuk dihafal, tetapi dipahami. Saat kita paham, gausah ngafalin, itu nanti inget-inget sendiri”, kata Bu Medina via pesan suara WhatsApp.

Menurut Bu Medina, jadi guru merupakan salah satu keputusan yang paling tepat yang pernah ibu buat dalam hidup. Bu Medina senang sekali jadi guru, Bu Medina juga bahagia mempunyai murid-murid yang luar biasa dan menyenangkan, yang menyayangi Bu Medina dan membuat mereka bisa paham.

Oh iya, ada pesan nih dari Bu Medina yang disampaikan via WhatsApp, “Semoga semua siswa-siswi SMA Khadijah menjadi anak yang sholeh dan sholehah, taat kepada orang tua. Karena, taat kepada orang tua itulah yang bisa membuka jalan untuk hidupmu nantinya, bahwa doa orang tualah yang membuatmu berhasil, doa orang tua itu yang mungkin ada saat yang harusnya kamu jatuh, tapi Allah memberikan pertolongan kamu di sana. Selain SMA Khadijah ingin anak-anaknya pintar, SMA Khadijah lebih menginginkan siswa-siswinya menjadi anak yang sholeh dan sholehah, tawadhu’, yang berbakti kepada orang tua, bangsa, dan agama. Harapan ibu kalian ‘be your best self’ karena hidup ini hanya sementara, walaupun kita tidak bisa menorehkan nama kita di suatu buku, paling sedikit torehkan kebahagiaan kita untuk orang lain”.

Jangan lupa pesan Bu Medina ya temen-temen, happy weekend­čą│ (din)

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *