Opini

Dari Pandemi Hingga Cinta Bersemi di SMA Khadijah

Oleh: Shafira Dihya

Bercerita tentang masa-masa di SMA mungkin tidak akan ada habisnya. Walaupun dulu aku sempat tidak setuju dengan pernyataan, “masa SMA adalah masa paling menyenangkan.” Karena pada kenyataannya aku cukup menikmati masa SMA-ku.

Seperti yang semua orang ketahui, angkatan 2023 memiliki sedikit masa kelam semasa SMA. Bagaimana tidak, kami dipaksa membiasakan diri bersekolah lewat layar virtual selama hampir 2 tahun. Berkenalan dengan teman-teman tanpa bertatap muka adalah hal yang sangat tidak menyenangkan.

Tapi itu semua dulu. Sekarang aku sudah resmi lulus dari SMA Khadijah dengan nilai yang cukup memuaskan. Tidak terasa waktu begitu cepat berlalu. Walaupun aku hanya menginjakkan kaki selama 1,5 tahun di SMA Khadijah (sisanya di zoom), pengalaman mengesankan yang aku dapat sangat banyak.

Aku bukan siswi aktif yang ikut banyak organisasi. Ekskul yang kuikuti hanya mading, karena kebetulan aku tertarik dengan graphic design. Join mading juga iseng-iseng berhadiah, tiba-tiba lolos, tiba-tiba juga ditunjuk jadi ketua divisi artikel. Tapi ternyata dari keisengan itu, aku bisa mendapat pengalaman baru tentang dunia mading.

Pengalaman lain yang paling berkesan tentu saja saat ujian praktik. Tidak ada ujian yang lebih menyenangkan selain ujian praktik. Mulai dari paniknya ujian fisika tanpa catatan rumus, membuat novel 20 bab, sampai hafalan doa setelah tahlil. Rasanya baru kemarin aku ingin kabur dari ujian praktik, tapi sekarang mau lagi hehe.

Dan pengalaman berkesan yang terakhir, sebenarnya tidak bisa kusebut terakhir karena masih ada banyak lagi yang ingin aku tulis, adalah aku senang dapat bertemu teman dan bapak/ibu guru yang selalu support. Ambil saja contoh saat pendaftaran PTN. Semua persiapan selalu dibantu, mulai dari awal sampai alhamdulillah aku berhasil lolos di kampus yang kuinginkan. Teman-teman yang baik juga selalu ada di sekelilingku. Wah, memang benar aku tidak salah pilih sekolah!

Ternyata menikmati hal-hal kecil dapat membuat cerita lebih berwarna. Dan terkadang, kejadian-kejadian di masa lampau yang mungkin tidak kita sukai juga termasuk pelengkap cerita.

Pandemi bukan menjadi penghalang aku dan teman-teman untuk meraih sukses. Hidup harus seimbang, selagi masih SMA, apa salahnya untuk kita manfaatkan sengan bersenang-senang? Tapi jangan lupa juga selalu belajar, karena mimpi kita harus diraih dengan usaha.

*Penulis merupakan alumnus SMA Khadijah penerima SNBP 2023 (Unair) sekaligus penulis novel Putri Permata

Pict: Ambil gambar disini

386 total views, 1 views today

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *