Opini

Jangan Ngaku Cantik, Kalau Belum Bayar Hutang Puasa

Oleh: Meutya

Tebak sekarang sudah bulan hijriyah apa? iya, betul sudah sya’ban. Tandanya bulan depan sudah bulan Ramadhan. Tentunya seluruh orang muslim sangat menanti yang namanya Ramadhan.

Sebagai orang muslim aku bisa bilang bahwa hawa Ramadhan memang berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Entah apa alasannya tapi memang rasanya sangat bahagia saat Ramadhan.

Untuk para perempuan jangan lupa sebelum melaksanakan puasa ramadhan kita harus mengqadha’ puasa atau membayar hutang puasa.

Seorang wanita pasti akan menjalani yang namanya haid setiap bulannya. Apabila haid saat ramadhan maka kita harus mengganti puasa yang hilang tersebut saat ramadhan telah usai.

Mengganti puasa juga punya syarat waktu. Apabila sudah berda di pertengahan bulan Sya’ban maka hukum mengganti puasa kita menjadi makruh. Berikut hadistnya

Dari Abu Hurairah RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda,
‎إِذَا كَانَ النِّصْفُ مِنْ شَعْبَانَ فَلاَ صَوْمَ حَتَّى يَجِىءَ رَمَضَانُ
Artinya: “Jika telah lewat setengah dari bulan Syaban maka janganlah berpuasa hingga datangnya bulan Ramadhan.” (HR Ibnu Majah. Shahih: al-Misykaat, ar-Rawdh, dan Shahih Abu Dawud.

Aku yang tak sadar ternyata sudah pertengahan bulan Sya’ban langsung panik karena apa? ternyata aku belum mengganti puasa sama sekali. belum lagi hutang puasaku cukup banyak yaitu 8 hari.

Terpaksa aku menjalani puasa saat sekolah sehari penuh. Sempat berfikir bahwa akan ditertawakan oleh teman-teman karena hutang puasaku masih banyak. Namun ternyata masih banyak yang sama denganku. ada yang lebih banyak malah. Apa kita tidak tahu bahwa sudah berhukum makruh?

Sebenarnya kita satu tahun ngapain saja? tidak masuk akal apabila bilang tidak ada waktu. Jawabannya memang karena menyepelehkan.

Kalau ditanya menyesal atau tidak jawabannya menyesal banget. Aku harap aku dan kamu tidak menyepelehkan hal ini karena kalau sudah seperti ini wah jujur rasanya jadi 10x lebih berat.

*Penulis merupakan siswa dari klan Exist

Ambil gambar: Klik di sini

437 total views, 1 views today

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *