Alumnus

Kartika Maharani: Kenali Dirimu Dalam Karya!

Kartika Maharani atau yang akrab dipanggil Kartika merupakan alumnus dari SMA Khadijah, yang pernah menjabat menjadi ketua DAC (Dj’s Art Community) periode tahun 2020-2021.

Perempuan yang memiliki hobi berkarya ini, semenjak SMA memiliki banyak pengalaman terkait “berkarya”. Ia sering mengikuti lomba, seperti lomba poster, lukis, mading, art space youth-con dan kaligrafi.

Semua proses dari lomba tersebut ia nikmati tanpa memikirkan hasilnya karena menurutnya proses lebih menarik daripada hasil.

Nama : Kartika Maharani Dyah Puspita Khusnul khotimah
Tempat, Tanggal Lahir : Kediri, 30 April 2003
Hobi : Berkarya

“Menurutku prosesnya itu lebih menarik dari pada hasil nya, dulu aku sering banget lembur di sekolah sampe jam 8-9 malam buat persiapan lomba yang makin mepet, terus mikirin konsep dan trial errornya. Apalagi waktu lomba art space, sampe aku relain gak ikut pelajaran dikelas demi bimbingan sama pak Yusuf. Dan ya, menang itu bonus yang pasti bikin tambah seneng dan merasa prosesnya terbayar” ungkapnya.

Banyaknya lomba yang ia ikuti, membuat Kartika mendapat ilmu pengetahuan yang tidak ia dapat saat disekolah. Menurutnya, banyak ilmu yang dapat dijadikan sebuah karya nantinya. Hal ini juga yang membuat Kartika tersadar bahwa dunia seni sangat luas hingga membuat ketertarikannya meningkat.

Sekarang, perempuan kelahiran 2003 ini menempuh pendidikan di Universitas Brawijaya dengan jurusan seni murni. Pada awalnya, Kartika ingin memilih jurusan DKV atau desain interior, namun setelah pertimbangan yang matang pilihannya jatuh pada seni murni.

Awalnya, saat ia mendaftar melalui jalur SBM dan menjadikan Universitas Brawijaya menjadi pilihan pertamanya, rasa tidak percaya diri muncul pada dirinya, karena menurutnya ia bukan siswa yang terlalu pintar di akademik. Tapi, ia fokuskan pada portofolionya. Tentu dengan bimbingan dan doa berhasil membawanya menjadi mahasiswi di Universitas Brawijaya.

Kartika juga mengungkapkan bahwa ia menemukan dunianya di jurusan seni ini, tanpa suatu paksaan ataupun terikat peraturan.

Adapun pesan untuk siswa dan siswi yang ingin melanjutkan studi di bidang seni,

“Pesannya, siapin mental dan hati buat terbuka ke semua orang, karena dunia seni itu luas banget dan kamu wajib memperluas relasi, nikmati saja setiap prosesnya, yakin dunia seni itu 100% seru banget!!” Ujarnya menutup sesi wawancara.

(Kee)

517 total views, 3 views today

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *