Opini

Memaknai Upacara

Oleh: CIZ

Menurut saya, upacara di SMA Khadijah, terutama yang diadakan pada hari-hari spesial seperti Hari Santri, Hari Kemerdekaan, dan Hari Pahlawan itu memiliki makna yang mendalam. Ini bukan sekadar rutinitas, melainkan momen yang lebih berarti.

Pertama-tama, saat kita berpartisipasi dalam upacara pada hari-hari spesial ini seolah menjadi ungkapan penghargaan dan rasa syukur atas momen-momen bersejarah.

Sebagai contoh, saat merayakan Hari Kemerdekaan kita bisa merasakan semangat kebangsaan dan kemerdekaan yang diperjuangkan oleh pahlawan-pahlawan kita.

Upacara pada hari-hari tertentu juga memberikan peluang untuk mempererat hubungan sosial. Berada di tengah-tengah teman-teman pada momen spesial membawa rasa kebersamaan dan persatuan yang mungkin sulit dirasakan dalam situasi sehari-hari.

Selain itu, nilai simbolis dalam upacara pada hari-hari tersebut sangat kuat. Contohnya, saat bendera berkibar pada Hari Pahlawan, itu bukan hanya seremonial biasa. Melainkan sebuah simbol yang mengandung makna keberanian, pengorbanan, dan semangat patriotisme.

Saya pribadi pernah merasakan momen-momen ini di SMA Khadijah walaupun terkadang cuaca menjadi kendala. Namun saat kita memahami makna dan nilai dari setiap upacara, itu menjadi pengalaman yang berharga.

Jadi, menurut saya, upacara pada hari-hari spesial sangatlah penting. Kita tidak hanya merayakan, tetapi juga memahami, menghormati, dan meresapi nilai-nilai yang ada di baliknya. Itu merupakan bagian dari proses pembentukan karakter dan kebanggaan sebagai bagian dari SMA Khadijah.

Saya kadang berpikir, ‘Hadeuh, kenapa sih mesti Upacara, mana panas lagi lapangannya!’ Namun, setelah saya memikirkan kembali, mungkin benar juga bahwa upacara di lapangan bisa membuat gerah. Tetapi, setelah saya ingat-ingat, di SMA Khadijah, upacara tidak diadakan setiap hari, hanya pada hari-hari tertentu. Lagian, lapangannya tertutup, jadi tidak langsung terpapar sinar mataharikan?.

Jadi, bagi yang tidak suka panas-panasan, santai saja, tidak perlu khawatir berlebihan. Masih mending kita sekolah di sini, dari pada di sekolah Negeri kadang tidak tertutup.

Saya pernah berpikir gini, ‘Kenapa sih upacara ini? Apa pentingnya?’ Namun ternyata, upacara itu lebih dari sekadar urusan panas atau dinginnya lapangan. Ada makna dan tradisi yang kita jaga bersama.

Selama saya di SMA Khadijah, upacaranya tidak sering diadakan. Hanya pada hari-hari tertentu, dan tidak langsung terpapar panas matahari. Jadi, tidak perlu mengeluhkan cuaca.

Jadi, yuk, tetap semangat ikut upacara! Tidak hanya untuk mengeluhkan panas atau dinginnya lapangan, tetapi juga demi nilai-nilai dan kebersamaan kita. Dari upacara itu, kita bisa mendapatkan momen-momen seru dan kenangan bersama. Jadi, tetap semangat ya, meskipun kadang ada yang berpikir, Upacara lagi, ah!.

*Penulis merupakan siswa SMA Khadijah yang lagi galau karena sebentar lagi PAS

Editor: Lal

154 total views, 1 views today

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *