Guru

Muhammad Suef – Alumni Yang Kembali Mengabdi

Turcham.com – Muhammad Suef, M.Si, merupakan salah satu guru yang mengajar mata pelajaran matematika minat di SMA Khadijah Surabaya. Guru yang akrab disapa Pak Suef ini lahir di Surabaya pada 28 Agustus 1994.

Sebelum menjadi guru di SMA Khadijah Pak Suef merupakan salah satu siswa yang mengemban ilmu di SMA Khadijah, dan siapa sangka bahwa pada akhirnya beliau mengajar di sekolah tempat beliau mengemban ilmu dahulu. Ketika duduk di bangku SMA, Pak Suef mempunyai keinginan untuk membuat buku matematika berdasarkan pengalaman kesulitan belajar dari masing-masing siswa. Dari sinilah motivasi untuk menjadi guru matematika itu muncul.

Nama : Muhamad Suef, M.Si
Tanggal lahir : Surabaya, 28/08/1994
Hobi : Mencoba hal baru
Kutipan favorit : Ngono yo ngono, nanging ojo ngono
Role model / tokoh inspirasi : Achmad Arifin, bapakku
Alamat email : muhamad.suef.94@gmail.com

Pria kelahiran tahun 94 ini lulus S1 pada tahun 2016, dan S2 pada tahun 2018 jurusan Matematika Terapan di Institut Teknologi Surabaya (ITS) dengan predikat cumlaude. Pak Suef mengaku bahwa sebenarnya ia salah masuk jurusan. Sebab jurusan matematika terapan bukanlah jurusan yang tepat untuk menjadi guru, namun tepat untuk bekerja di sebuah perusahaan. Terhitung sudah 4 tahun Pak Suef menjadi guru di SMA Khadijah, dimulai pada tahun 2018 hingga sekarang (tahun 2022). Baru mengajar selama 1 tahun tiba-tiba terjadi pandemi covid-19 pada awal tahun 2020 yang menyebabkan perubahan sistem pembelajaran tatap muka menjadi daring di rumah tidak mengurangi semangat Pak Suef untuk menyampaikan materi kepada murid.

Pandemi merupakan tantangan baru bagi semua guru kala itu. Bagaimana tidak? Mengajar secara daring melalui layar komputer tidaklah mudah, belum lagi terjadi kendala untuk memantau seberapa jauh perkembangan pemahaman materi pada murid. Oleh karenanya selama pandemi Pak Suef konsisten membuat video pembelajaran yang diupload di youtube untuk memaksimalkan penyampaian materi pada murid. Setelah membuat video pembelajaran, tujuan Pak Suef selanjutnya adalah membuat modul/handout dalam bentuk epub yang dapat digunakan sebagai pengganti buku manual.

Ketika ditanya tentang bagaimana cara menghadapi kepribadian siswa (ada yang malas/rajin) Pak Suef menjelaskan bahwa ia sangat memaklumi hal ini,

“Terkait hal tersebut bapak sangat memaklumi sih nak. Bapak tidak akan memaksa kalian untuk suka pelajaran bapak, sebab kalian pastinya punya jalannya masing-masing. Tapi bagaimanapun juga, diposisi kalian sekarang ini tidak ada pilihan lain nak, sebab sekali lagi Matematika itu salah satu mapel yang diujikan di tes masuk PTN. Jadi tetap semangat dan lakukan yang terbaik, insyaAllaah akan selalu lancar kedepannya.”
ujarnya saat sesi wawancara via WhatsApp

Adapun pesan-pesan untuk siswa-siswi SMA Khadijah agar segera mengerjakan dan mengumpulkan tugas sampai entri nilai terakhir setelah PAT. (Nad)

3,108 total views, 6 views today

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *