Informasi Sekolah

Psikotes Bantu Siswa Tentukan Potensi Minat!

Agenda psikotes yang diikuti oleh seluruh siswa kelas XII dilaksanakan pada rabu (20/9) yang berlangsung di kelas masing-masing.

Agenda psikotes kali ini SMA Khadijah bekerjasama dengan Airlangga Assessment Centre yang merupakan lembaga psikologi Universitas Airlangga.

Menurut Luluk Zakiyah, BK kelas XII, tujuan psikotes ini diadakan sebagai awal persiapan untuk menempuh ke jenjang berikutnya.

“Karena siswa kelas 12 kita persiapkan untuk menghadapi UTBK, maka mereka perlu mengetahui minat studi, minat karir, gaya belajar, serta kemampuan persiapan untuk UTBK” jelasnya.

Pelaksanaan psikotes ini dikerjakan melalui aplikasi exambro, yang terdiri dari 5 rangkaian tes, yakni: pre test, post test, TPA test, tes minat bakat, dan karir.

Tipe soal pada psikotes ini berupa gambar yang dimana kita harus mencari perbedaan diantara gambar tersebut, adapun analogi kalimat dan matematika dasar berupa deret angka dan soal perbandingan.

Bagi Nadya, siswa kelas 12 MIPA 1, psikotes ini merupakan tes yang berdasarkan pada kepribadian masing-masing dan perlu adanya persiapan diri.

“menurutku susah nggak susah, karena tes ini merupakan tes yang berdasarkan pada kepribadian kita masing masing. Untuk TPA aku kesulitan di analogi kalimat dan mencari perbedaan gambar yang menurutku membingungkan. saran dari aku buat kalian yang tahun depan mau psikotes harus bisa atur strategi dalam pengerjaan soal, karena kalau nggak diatur waktu kalian bakalan habis dan stuck di matematika dasarnya” ungkapnya

Nantinya hasil psikotes akan membantu siswa mengetahui potensi, minat, serta apa saja yang perlu ditingkatkan dalam diri masing-masing. (Nov)

699 total views, 3 views today

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *