Opini

Sebuah Tips Belajar Hadapi Ujian

Oleh: Kayla Aghniya

Tak terasa satu semester sudah hampir usai, padahal seperti baru kemarin kita masuk tahun ajaran baru. Seneng sih, bentar lagi libur. Tapi sebelum libur, ada “big boss” yang harus dihadapi. Yups, Ujian Akhir Semester (UAS) tentunya.

Kita semua pasti ingin mendapat nilai UAS yang terbaik. Untuk itu kita harus belajar dengan strategi yang tepat. Cara belajar setiap orang pasti berbeda-beda, tapi aku mau ngasih beberapa tips belajar yang efektif:

Pertama, jangan SKS.

Aku bilang gini bukan berarti aku ngga pernah SKS yaa. Justru karena aku sering SKS pas mau UTS atau UAS. Belajar pakai SKS ngga akan optimal dari segi materi juga segi pemahaman. Belajar untuk materi yang banyak dengan waktu cuma semalem, pasti berakibat ada materi yang belum bener-bener menguasai atau malah sampai ada yang ke-skip. Dengan kondisi ngantuk dan badan yang udah capek, memahami materi pun jadi cenderung lebih susah. Jangan sampai malah ketiduran pas ngerjain ujian, kan ngga lucu.

Terus solusinya gimana? Dicicil ya rekk. Minimal ketika kalian di kelas, kalian bener-bener memperhatikan penjelasan bapak ibu guru. Setidaknya kalian paham 70% materi dari penjelasan guru, nah sisanya bisa kalian pelajari di luar jam kelas. Kalian juga mau ngga mau harus mengorbankan waktu senggang kalian untuk mulai nyicil belajar. Tenang, kan bentar lagi libur, main-mainnya bisa dipuas-puasin pas libur. Kan enak juga kalau libur dengan nilai yang bagus.

Kedua, belajar dengan cara belajar yang sesuai dengan kalian.

Ada orang yang kalau belajar lebih suka sambil dengerin musik, ada yang lebih suka belajar kalau situasinya hening, ada yang lebih mudah paham kalau ngerjain latihan soal, ada yang lebih paham kalau lihat video-video penjelasan. Nah, kalian bisa belajar dengan cara-cara yang sesuai sama kalian.

Ketiga, belajar di lingkungan yang nyaman.

Balik lagi, lingkungan yang nyaman menurut tiap orang mungkin berbeda-beda. Nah, silahkan kalian belajar di tempat yang menurut kalian nyaman dan mendukung buat belajar. Saranku sih jangan belajar di atas kasur yaa, karena walau nyaman, godaan buat tidurnya besar. Intinya hindari kasur ketika belajar.

Keempat, hindari hal-hal yang berpotensi jadi distraksi.

Contohnya HP. Aku sering banget udah niat belajar tapi ngga jadi karena tergoda buat scrolling. Pasti setelah 2 jam scrolling, aku nyesel. Waktu yang harusnya buat belajar jadi habis buat scrolling. Saranku kalian belajar pakai laptop untuk search google atau buka e-learning. Menurutku, risiko ter-distraksi godaan scrolling lebih kecil kalau kita belajar pakai laptop.

Terakhir tapi penting banget adalah jalur langit.

Berdoa dan minta doa ke orang tua juga penting agar ketika ngerjain ujian lancar dan dapat hasil yang memuaskan. Ini bisa jadi faktor X yang menunjang banget. Ibaratnya kayak booster lah. Hasil yang kita dapat bisa jadi lebih bagus dari yang kita harapkan dari faktor X ini.

Nah, sekarang aku mau ngasih sedikit motivasi dan saran dari pengalamanku. Memang masa SMA tuh kalian berhak main-main, happy-happy, eksplor banyak hal. Tapi jangan sampai kalian menelantarkan nilai-nilai kalian. Inget, ada jalur SNBP yang hanya bisa diikuti sama siswa-siswi eligible.

Supaya kalian bisa jadi siswa eligible, tentu nilai raport kalian harus bagus dan stabil dari semester satu sampai semester lima nanti.

Jadi, kalian harus bersungguh-sungguh dalam belajar. Enak lho kalau bisa keterima jalur SNBP, kalian bisa santai lebih cepat dari temen-temen kalian yang lain.

So, semangatt adik-adikku. Semua perjuangan dan pengorbanan kalian pasti akan terbayarkan nantinya. Good luck UAS-nyaa. Semoga dapat hasil yang memuaskan, aamiin.

Source Pict

Penulis merupakan mahasiswa Fakultas Teknik Industri ITB sekaligus Alumnus SMA Khadijah 2023

Editor: Nov

321 total views, 6 views today

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *