Jelajah

The Heritage Palace: Nuansa Ala Eropa di Tengah Kota Solo

Pengulas: Haidar Ali Muhammad Pasha

The Heritage Palace adalah salah satu destinasi wisata yang terkenal di kota Solo. Siapa yang tidak tahu Heritage Palace? hampir semua kalangan remaja pasti mengenal wisata ini. Sebuah wisata dengan spot foto yang menarik dan instagramable. Rasa penasaran ini menarik atensi saya untuk segera mengunjunginya.

Destinasi wisata yang berada di kawasan Solo tepatnya di Jl Permata Raya Dukuh Tegal Mulyo RT.002/RW.008, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah ini sangat menggugah mata.

Bagaimana tidak? latar belakang bangunan ini merupakan Pabrik Gula Gembongan peninggalan Belanda yang diubah sedemikian rupa menjadi tempat bagi para wisatawan untuk berkelana menikmati nuansa ala eropa. Jujur, ini pengalaman pertama saya berkunjung ke tempat ini.

Untuk dapat memasuki tempat wisata ini, semua orang harus membeli tiket di kisaran Rp 30.000-65.000 baik weekday maupun weekend. Sayapun juga melakukan hal yang sama. Begitu masuk pintu tiket, saya disuguhi pemandangan mobil klasik berjejeran termasuk beberapa mesin press tembakau bekas dari gudang yang sebelumnya adalah pabrik gula.

Destinasi ini menyediakan 3 wahana.

Yang pertama adalah museum mobil klasik. Di wahana ini pengunjung disuguhi berbagai mobil klasik dengan background yang menarik. Tentu jepretan kamera dipastikan tak absen di tempat ini. Ya…ya…ya… sayapun tidak melewatkan hal yang sama. Nmaun, tiba tiba saya beralih profesi menjadi juru foto ibu-ibu dan adik-adik yang kebetulan satu rombongan wisata dengan saya. Aksi ini ternyata mengundang penjaga wahana untuk ikut nimbrung. Lumayan… untuk membantu menghasilkan gambar yang sempurna.

source pict

Wahana kedua ternyata berada di luar (outdoor). Sekilas, kita seperti berada di sebuah kota dengan gedung tua yang besar dengan beberapa tembok yang terkelupas menampakkan batu bata menjadi kesan klasiknya. Meski demikian, penataan taman yang apik nan asri di area iniĀ  membuatnya nyaman dinikmati. Entah untuk bersantai sembari minum kopi atau mengambil gambar dengan tema eropa klasik.

souce pict

Selain itu ada wahana yang cukup unik. Dikatakan unik, karena dari nama dan penataan nya. Bayangkan saja nama wahananya Omah Kwalik. Jadi ya… semua yang ada di dalam ini menjadi serba terbalik. Agak terasa aneh begitu masuk di wahananya, tapi jangan khawatir itu semua tidak menjadikan kita ikut terbalik!

Banyak hal menarik disini, seperti jejeran mobil kuno yang masuk dalam area musium transportasi, bangunan eropa di masa lampau, beserta spot foto yang instagramable. Singkatnya, sayang jika melewatkan berlibur di Solo tanpa mampir dulu kesini.

Tanpa basa basi, saya akui bahwa saya tenggelam dalam nuansa eropa klasik. Foto sana foto sini sambil sedikit gaya. Hampir semua pengunjung pun melakukan hal yang sama. Ibu-ibu dengan gaya khasnya melakukan selfie, sementara anak muda yang sibuk mencari spot foto untuk konten medsosnya.

Mengunjungi tempat ini juga tidak sulit, hampir semua transportasi dapat menjangkaunya, terlibih harga tiketnya ramah di kantong.

Untuk kalian yang akan atau sedang berlibur ke Solo, Jangan lupa untuk singgah ke tempat ini ya! Experience, if we only learn by it, is cheap at any price (Ivan Panin).

souce pict

editor: lal

522 total views, 3 views today

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *