Opini

Santri Pemimpin Bangsa

Oleh: Davina Rizkensa

“Santri” kata yang pasti sudah tidak asing untuk kita. Pasti dari kalian banyak yang menggunakan kata ini kan? Santri sendiri adalah sebutan untuk seseorang yang mengikuti pendidikan agama Islam di Pondok Pesantren.

Pasti yang terlintas di benak kalian saat mendengar kata “Santri” tidak jauh dari keagamaan.

Fakta menariknya, Menteri Agama H. Yaqut Cholil Qoumas mengatakan santri identik dengan 3 hal yaitu kopi, humor, dan rokok.

Beliau juga berharap suatu saat banyak santri yang akan memimpin negara ini, kenapa? ya biar gak tegang-tegang amat.

“Kopi? Mereka suka ngopi mungkin?

“Rokok? Mereka suka ngerokok?” ya, bisa jadi.

“Humor?” Iya.

Tapi, bayangkan jika santri yang akan memimpin negara ini. Iya, santri memang humoris, tapi bukan berarti mereka tidak serius. Humor yang dimiliki santri itu lucu namun penuh dengan makna yang membuat keadaan saat mereka memimpin itu tidak terlalu tegang.

Santri juga identik dengan Pondok Pesantren, yakni tempat yang mengajarkan tentang akhlak, moral dan ilmu keagamaan Islam. Para santri biasa untuk diajarkan menjadi pribadi yang jujur, menjaga amanah, dan hal positif lainnya.

Bayangkan jika pemimpin di negara Indonesia mengamalkan semua perilaku tersebut, Indonesia sudah pasti maju dan makmur!

Santri juga memperdalam dua ilmu penting, ilmu keagamaan dan ilmu umum. Buang jauh-jauh pikiran kalian jika berpikir santri hanya belajar tentang ilmu keagamaan.

Jelas kan? Para santri itu CERDAS.

“Halah, santri juga gak ada peranan buat Indonesia”

Jangan salah, santri mempunyai peranan dalam memperjuangkan kemerdekaan. Salah satu contohnya adalah Resolusi Jihad yang dicetuskan oleh KH. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 Oktober 1945 di Surabaya, Jawa Timur.

Resolusi Jihad berhasil mengarahkan pejuang untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Akhirnya, setelah di dasari oleh sejarah santri pada tanggal 15 Oktober 2015 di cetuskannya “Hari Santri Nasional” yang di peringati pada tanggal 22 Oktober.

Untuk semua santri, tetaplah menjadi santri unggul untuk Indonesia yang maju.

*Penulis merupakan siswa kelas 10 yang sedang menggeluti beberapa ekskul

source pict

736 total views, 3 views today

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *